Survei: Pelaku Usaha Ingin Duet Airlangga-Moeldoko di Pilpres 2024

Kamis, 19 Januari 2023 - 15:28 WIB
loading...
Survei: Pelaku Usaha Ingin Duet Airlangga-Moeldoko di Pilpres 2024
Pelaku usaha menginginkan duet Airlangga Hartarto dan Muldoko di Pilpres 2024. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Nama Airlangga Hartarto dan Moeldoko terus menguat untuk dipasangkan pada Pilpres 2024. Hasil survei terbaru Indonesia Network Election Survey (INES), pasangan ini jadi pilihan pelaku usaha.

Hasil survei INES menunjukkan pelaku usaha sangat puas terhadap kinerja Komite Penanganan Covid-2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) yang dibentuk Presiden Jokowi dan dinahkodai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Hal ini terbukti sukses membawa Indonesia lolos dari krisis akibat pandemi Covid-19.

Berkat respons cepat melalui kebijakan gas dan rem, Indonesia tidak hanya berhasil mengendalikan pandemi tetapi juga mempercepat pemulihan ekonomi. Bahkan, ekonomi Indonesia mampu tumbuh tinggi dibandingkan negara lain. Keberhasilan dari kinerja Airlangga dalam menjalankan tugasnya memulihkan ekonomi dan menanggulangi Covid-19, dilanjut dengan pencabutan PPKM, menjadi catatan positif bagi para pelaku usaha.

Baca juga: Ridwan Kamil Puji Inovasi Golkar di Bawah Kepemimpinan Airlangga

Hal ini sejalan dengan keinginan pelaku usaha yang mengharapkan sosok presiden yang bisa melakukan kesinambungan dalam program program penguatan ekonomi dan membangkitkan usaha yang selama pandemi Covid-19 sangat terpukul. Karena itu, Airlangga merupakan tokoh yang paling banyak dipilih oleh pelaku usaha untuk melanjutkan kepemimpinan periode berikutnya.

"Mayoritas pelaku usaha dalam survei ini berharap presiden terpilih nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Indonesia," kata Direktur INES Nugraheni Kartika dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/1/2023).

Dalam survei pada 1.988 pelaku usaha, kata dia, sebanyak 87,9% mengharapkan presiden terpilih dapat mewujudkan adanya kesinambungan dan konsistensi kepastian berusaha. Untuk itu, program-program kebijakan dan organ-organ akselerasi pembangunan ekonomi yang sudah berjalan baik di era Pemerintahan Jokowi hendaknya dilanjutkan.

"Sebanyak 79,8% pelaku usaha ingin presiden terpilih memprioritaskan di bidang ekonomi dengan menekankan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki motivasi kerja dan meningkatkan keterampilan kerja untuk mencapai produktivitas yang tinggi, agar produk-produk nasional berdaya saing," ucapnya.

Kemudian, sebanyak 81,8% pelaku usaha menginginkan presiden terpilih dapat tetap mempertahan kebijakan yang memiliki semangat merombak birokrasi perizinan berusaha agar lebih terintegrasi, mudah, cepat, murah, dan transparan melalui sarana elektronik.

Hasil survei juga memperlihatkan nama Airlangga Hartarto paling tinggi tingkat kesukaan dan keterkenalannya di kalangan pelaku usaha. Dari 1.988 pelaku usaha, sebanyak 82,8% mengenal, mengetahui, dan suka dengan Airlangga Hartarto dalam mendukung usaha mereka di saat pandemi Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)