Sirkulasi Siklonik, BMKG: Waspada Peningkatan Intensitas Hujan di Wilayah Indonesia Hari Ini

Rabu, 21 September 2022 - 02:46 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terpantau di sejumlah wilayah Indonesia akan mengalami peningkatan intensitas hujan hari ini, Rabu (21/9/2022). Foto/SINDOnews
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terpantau di sejumlah wilayah Indonesia akan mengalami peningkatan intensitas hujan hari ini, Rabu (21/9/2022). Hal ini akibat adanya sirkulasi siklonik yang terbentuk di daerah konvergensi.

“Kami memantau beberapa wilayah yang mengalami peningkatan intensitas hujan seperti di wilayah Indonesia timur kemudian wilayah Kalimantan serta wilayah Sumatera. Hal ini disebabkan oleh adanya sirkulasi siklonik yang terbentuk di wilayah Maluku yang kemudian menyebabkan adanya daerah konvergensi di sekitar wilayah Papua Barat dan Papua kemudian juga untuk wilayah Sumatera juga sekitaran wilayah Kalimantan terdapat daerah konvergensi yang mana daerah-daerah ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan,” ujar Prakirawan BMKG, Ahmad Rifani dikutip dari Youtube resmi BMKG.

Lalu, bagaimana prakiraan cuaca di 34 wilayah kota besar di wilayah Indonesia? Rifani mengungkapkan di wilayah Sumatera yakni di Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Bengkulu, Jambi, Pekanbaru kondisi cuaca akan dominan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Namun perlu diwaspadai untuk wilayah Bandar Lampung dan Jambi kondisi hujan dapat disertai dengan petir. Sementara untuk wilayah Palembang kondisi cuaca diperkirakan akan cerah Berawan hingga Berawan,” katanya.

Kemudian di wilayah Tanjungpinang kemudian Medan, Padang diperkirakan akan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sementara untuk wilayah Banda Aceh diperkirakan akan dominan cerah Berawan.



Selanjutnya di wilayah Pulau Jawa di mana diperkirakan kondisi cuaca di wilayah Serang kemudian Bandung dan Semarang akan cenderung hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. “Sementara untuk wilayah Jakarta, Yogyakarta, serta Surabaya kondisi cuaca diperkirakan akan cerah berawan hingga berawan,” kata Rifani.

Rifani mengatakan di wilayah Kalimantan kondisi cuaca di wilayah Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, dan Tanjung Selor diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan, sementara Samarinda kondisi cuaca diperkirakan akan dominan cerah berawan.

“Untuk wilayah Pulau Sulawesi diperkirakan wilayah Gorontalo Mamuju Manado dan juga wilayah Kendari hari diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan. Sementara untuk wilayah Makassar dan juga Palu diperkirakan kondisi cuaca akan Berawan,” jelasnya.

Rifani mengungkapkan untuk masyarakat yang berada di wilayah Bali hingga Nusa Tenggara terutama di Denpasar dan Mataram diperkirakan kondisi cuaca akan cenderung hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, diwaspadai untuk potensi hujan dapat disertai dengan petir. “Sementara itu untuk wilayah Kupang kondisi cuaca diperkirakan akan dominan Berawan.”

Terakhir, tambah Rifani, untuk wilayah Indonesia Timur di mana wilayah Ternate, Ambon, Manokwari, serta Jayapura diperkirakan kondisi cuaca akan hujan dengan intensitas ringan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(kri)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More