Profil Harjo Utomo, Pejuang Kemerdekaan dan Pendiri PSHT yang Sempat Dipenjara Oleh Belanda

Kamis, 28 Juli 2022 - 13:10 WIB
Ki Hajar Harjo Utomo merupakan salah satu tokoh bersejarah yang memiliki peran penting dalam terbentuknya pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Foto DOK YouTube
JAKARTA - Ki Hajar Harjo Utomo merupakan salah satu tokoh bersejarah yang memiliki peran penting dalam terbentuknya pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Kini PSHT telah menjadi salah satu organisasi olahraga terbesar di Indonesia yang sering mengadakan berbagai kejuaraan pencak silat Internasional.

Baca juga : Rayakan Satu Abad, PSHT Gelar Kejuaran Pencak Silat Bertaraf Internasional

Pada tahun ini dalam rangka memperingati satu abad PSHT yang jatuh pada 2 September 2022 mendatang, organisasi ini akan menggelar beberapa kejuaraan antara lain Krida Internasional Setia Hati Terate Cup 2022, Festival Internasional Pencak Silat Seni 2022, dan Atraksi Kolosal Pencak Silat Setia Hati Terate.

Kesuksesan pencak silat PSHT tak lepas dari sejarahnya. Organisasi ini didirikan pada 1922 oleh Ki Hajar Harjo Utomo yang merupakan seorang pahlawan perintis kemerdekaan Republik Indonesia.



Dilansir dari berbagai sumber, Harjo Utomo adalah pria kelahiran Madiun, Jawa Timur. Dia merupakan Saudara Tertua Setia Hati dan bersama rekan-rekannya dari Pilang Bango Madiun pernah melakukan penghadangan kereta api yang lewat mengangkut para tentara belanda dan perbekalan militer.

Penghadangan ini dilakukannya secara berulang-ulang hingga pada akhirnya dia ditangkap dan mendapat hukuman penjara di Cipinang yang kemudian dipindahkan ke Padang.

Sebelumnya pria yang akrab dengan sapaan Harjo ini pernah menjadi mantri pasar di Pasar Spoor Madiun pada 1906, dan bekerja di pabrik gula Rejo Agung di Madiun sepuluh tahun berselang.

Baca juga : Prabowo Subianto Optimistis Pencak Silat Kian Mendunia
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More