Waspada Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Daerah Ini

Kamis, 27 Januari 2022 - 15:41 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi 1.25 - 4 meter di sejumlah perairan Indonesia dua hari ke depan atau hingga Sabtu 29 Januari 2022. Foto/Antara
JAKARTA - Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir perlu waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi 1.25 - 4 meter di sejumlah perairan Indonesia dua hari ke depan atau hingga Sabtu 29 Januari 2022.

“Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1.25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia dan berlaku maksimal 2 hari sejak dikeluarkan,” tulis BMKG dalam keterangan yang diterima, Kamis (27/1/2022).

BMKG menyampaikan bahwa gelombang tinggi ini dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara - timur dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 knot.



Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa, Perairan Selatan NTT. Berikut area perairan dengan gelombang sedang (1.25 - 2.50 m):



- Perairan Utara Sabang

- Perairan Barat Aceh Hingga Kep. Mentawai

- Samudra Hindia Barat Aceh Hingga Nias

- Selat Sumba
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More