BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi sampai 6 Meter, Berikut Sebaran Wilayahnya

Sabtu, 01 Januari 2022 - 21:44 WIB
BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan di wilayah Indonesia bagian utara dan selatan. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan di wilayah Indonesia bagian utara dan selatan. Gelombang tinggi diprediksi terjadi hingga mencapai 6 meter.

Sub Koordinator Analisis dan Prediksi Metereologi Furqon Alfahmi mengatakan, gelombang tinggi diprediksi terjadi 2-3 Januari 2022. Dia menjelaskan, gelombang tinggi diprediksi terjadi di perairan Indonesia bagian utara dan selatan.

Dia menyebut gelombang tinggi diprediksi terjadi wilayah Indonesia bagian utara terjadi karena pola bergerak angin dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Sementara, di wilayah Indonesia bagian selatan pola pergerakan angin terjadi dari Selatan-Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Baca juga: BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk 2 Hari ke Depan





"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Perairan Kepulauan Anambas, Perairan Kepulauan Natuna, Laut Natuna, dan Laut Sulawesi," kata Furqon dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/1/2022).

Berikut gelombang sejumlah wilayah yang akan mengalami gelombang tinggi:

1. Tinggi Gelombang 1.25 - 2.5 M diperkirakan terjadi sejumlah wilayah di antaranya;

- Perairan Utara Sabang
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More