Komunitas NFT Dorong Pemberdayaan Petani Perempuan Indonesia

Selasa, 30 November 2021 - 13:57 WIB
Komunitas NFT di media sosial, Meta Forest Society (MFS) berkolaborasi dengan Perempuan Tani Harapan Rakyat (Pertahara) untuk memberikan dampak positif bagi para petani. Foto/Istimewa
JAKARTA - Komunitas Non Fungible Token (NFT) di media sosial, Meta Forest Society (MFS) berkolaborasi dengan Perempuan Tani Harapan Rakyat (Pertahara) untuk memberikan dampak positif bagi para petani . Kolaborasi ini dilakukan agar pemberdayaan petani perempuan lebih optimal.

Program Manager MFS Tiffany Setiadharma menjelaskan komunitas NFT ini sengaja dibentuk untuk membantu perubahan sistemik di kalangan petani. Dengan menggandeng Pertahara diharapkan kolaborasi yang dihasilkan semakin positif dan berkelanjutan.

"MFS bertujuan membantu menciptakan perubahan melalui gerakan-gerakan berdampak sosial lainnya. Lewat MFS ruang komunitas pun dapat saling mendukung satu sama lain, baik di dunia maya dan dunia nyata. Kekuatan inilah yang memberi nilai positif, agar keduanya bisa memberdayakan satu sama lain dan menciptakan solusinya," ujar Tiffany dalam keterangan persnya, Selasa (30/11/2021).

Menurut Tiffany, proyek yang sedang dikerjakan sekarang ditujukan agar bisa mengajak para generasi muda yang sedang bersemangat mengeksplorasi NFT dapat pula berpartisipasi langsung dalam memberikan dampak positif dan nilai sosial kepada masyarakat, khususnya petani perempuan.

"Kami memahami benar bagaimana para perempuan-perempuan hebat yang tergabung dalam Pertahara berjuang untuk keluarganya. Untuk itulah kami berharap melalui Project Meta Forest ini kami bisa berkontribusi dalam memberdayakan dan membantu mereka, baik dalam konteks agripreneur maupun memberikan dampak positif pada kehidupan sosialnya. Project Meta Forest menjadi ikhtiar kami dalam mengajak komunitas NFT untuk semakin solid dan mampu berkontribusi untuk bidang sosial sehingga komunitas ini bisa berkembang secara berkelanjutan," katanya.



Untuk diketahui, NFT adalah salah satu satu aset kripto dengan teknologi Blockchain yang sedang tumbuh signifikan dalam beberapa bulan ini. Berbeda dengan cryptocurrency, NFT adalah sebagai satu token utuh sendiri. Dengan demikian secara prinsip, semua aset dapat menjadi NFT, baik berupa seni, game, video, musik, dan lainnya.

Dalam penjelasan sederhana, NFT merupakan token digital, tidak dapat dipertukarkan tapi dapat diperjualbelikan. Hal ini yang membuat NFT cocok digunakan dalam transaksi karya seni digital oleh konsumen biasa maupun kolektor atau disebut sebagai crypto art yang ditunjang oleh Ethereum sebagai platform pendukungnya.

Dalam hal ini, NFT berfungsi sebagai alat verifikasi karya digital untuk transaksi crypto art. Hal ini yang membuat karya yang diperjualbelikan diperlakukan layaknya karya seni berformat fisik.

Jika dilihat pada fungsinya, NFT bisa memiliki ragam project dan asset. Pada industri gaming, terdapat NFT yang diluncurkan khusus game, seperti Axie Infinity dan lain-lain. Sementara untuk hal kepemilikan, NFT bisa menjadi wadah untuk mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama di sebuah komunitas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(kri)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More