8 Budaya Indonesia Pernah Diklaim Malaysia, dari Batik hingga Wayang Kulit

Rabu, 17 November 2021 - 05:34 WIB
Pada tanggal 27 November 2003 UNESCO mengakui Wayang Kulit sebagai warisan kebudayaan Indonesia. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Persoalan klaim mengklaim kebudayaan kerap memanaskan hubungan Indonesia dengan negara tetangga. Warganet atau masyarakat di Tanah Air biasanya langsung bereaksi keras jika ada unsur kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga .

Dari tahun ke tahun klaim budaya Indonesia tersebut sepertinya tidak pernah surut. Paling banyak kasusnya dilakukan oleh negara Malaysia. Hubungan masyarakat Indonesia dengan negeri Jiran kerap naik turun.

Kasus terbaru adalah kolaborasi Adidas dengan Desainer Malaysia Jaemy Choong. Adidas Singapura membagikan desain sepatu seri terbaru yang bertema wayang kulit dan ditulis sebagai warisan Malaysia.

Tak butuh waktu lama, warganet kemudian menumpahkan kekesalannya karena Adidas Singapura mengklaim wayang kulit berasal dari Malaysia. Adidas Singapura pun akhirnya minta maaf setelah diprotes warganet Indonesia.

Berikut delapan kebudayaan Indonesia yang pernah diklaim oleh Malaysia:



1. Batik

Malaysia pernah mengklaim batik yang katanya sudah menjadi bagian budaya mereka sejak lama. Tak terima, Pemerintah Indonesia kemudian mengirimkan nota keberatan kepada Pemerintah Malaysia.

Tak mau kecolongan kedua kalinya, Indonesia lalu mendaftarkan batik ke UNESCO pada tanggal 3 September 2008. Setahun berselang pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO kemudian mengesahkan batik menjadi warisan budaya Indonesia.

2. Tari Reog Ponorogo
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More