HUT ke-76 TNI, Puan Maharani Jajal Jet Tempur dan Dapat Wing Penerbang

Selasa, 05 Oktober 2021 - 19:04 WIB
Ketua DPR Puan Maharani menjajal terbang (joy flight) dengan jet tempur TNI AU T-50i Golden Eagle, Selasa (5/10/2021). FOTO/DISPEN AU
JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani memperoleh Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU (Angkatan Udara). Wing Penerbang ini diterima Puan setelah menjajal terbang (joy flight) dengan jet tempur TNI AU T-50i Golden Eagle, Selasa (5/10/2021).

Upacara penyematan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I dipimpin langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta, bertepatan dengan momen HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Pemberian Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU merupakan wujud penghargaan kepada pejabat tinggi negara atas jasa-jasa dan pengabdiannya untuk kemajuan TNI dan Polri,” ujar Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Panglima TNI Anugerahi Puan, Bamsoet, Kapolri, dan KSAL Wing Kehormatan Penerbang





Dalam penerbangan, Puan duduk di kursi kopilot jet tempur T-50i Golden Eagle TNI AU yang dipiloti oleh Letkol (Pnb) Dharma T Gultom. Lepas landas dari Lanud Halim, Puan mengudara selama 30 menit pada ketinggian 10.000-20.000 ribu kaki, dengan kecepatan sampai 750 km/jam.

Dharma yang merupakan Komandan Skadron Udara 15 Tempur ini menjelaskan, dia melakukan berbagai manuver bersama Puan di udara, seperti slow roll hingga fast roll.

"Pada ketinggian 10.000-15.000 kaki, kami memberi kesempatan kepada Ibu Puan untuk dapat menghandling pesawat dan melaksanakan termin ke kanan termin ke kiri," kata Dharma.

Baca juga: HUT ke-76 TNI, Tiga Prajurit Ini Dianugerahi Tanda Kehormatan
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :