Mutasi Pati AU, Pilot Perempuan Jadi Staf Khusus Panglima TNI

Minggu, 19 September 2021 - 11:47 WIB
Marsma TNI Veronica Tig (empat dari kiri) bersama Wara penerbang tempur. Veronica dimutasi sebagai Staf Khusus Panglima TNI. Foto: Istimewa/IG Veronica Tig
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memutasi 150 Perwira Tinggi (Pati). Di matra udara, 34 Pati mendapatkan penugasan baru, termasuk sejumlah jenderal yang ditarik ke Mabes AU lantaran pensiun.

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/816/IX/2021 tanggal 13 September 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Selain 34 Pati TNI AU, mutasi juga mencakup 89 Pati AD dan 27 Pati AL.

"Mutasi dan promosi jabatan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Eddys Riyanto dikutip dari laman situs resmi TNI, Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Mutasi Pati TNI, 26 Kolonel Anak Buah Jenderal Andika Promosi Bintang





Di antara 34 Pati AU yang dimutasi, salah satunya terdapat jenderal perempuan. Sosok tersebut yakni Marsma TNI Veronica Tig yang kini dipercaya sebagai Staf Khusus Panglima TNI. Sebelumnya dia menjabat sebagai Kapoksahli Kodiklatau.

Veronica merupakan penerbang Wanita Angkatan Udara (Wara). Sebagian kariernya di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Veronica antara lain menerbangkan pesawat Cassa.

Dalam rekam jejaknya, pilot perempuan ini antara lain pernah menjadi Paban III Intelud Sintelau. Selain itu, dia juga pernah menjabat Asisten Intelejen Kepala Staf (Kas) Kohanudnas.

Baca juga: 2 Pati TNI AL Ikut Bentangkan Merah Putih di Tanjung Jokowi
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :