Pakar Pertahanan UI Anggap Wajar Kepala BIN Terbaik Kinerjanya

Jum'at, 09 Juli 2021 - 08:13 WIB
Boni menegaskan, pendekatan ini lazim digunakan di negara yang demokrasinya relatif mapan. Dari penilaian subjektif para pakar yang tergabung dalam sejumlah grup diskusi (FGD), LPI mengkuantifikasi pengukuran dengan memberikan bobot terhadap ketiga dimensi itu. Aspek leadership memberi kontribusi 30% kepada resultan nilai kinerja, indikator kedua menyumbang 20% dan indikator responsiveness mendapat porsi terbesar yaitu 50% dari total pengukuran.

"Penentuan ini menunjukkan bahwa LPI menitikberatkan pada sektor daya tanggap dalam mengukur kualitas performa para menteri dan pimpinan lembaga negara," kata Boni.

Kemudian, berdasarkan bobot tersebut dan penilaian para pakar, LPI melakukan skoring dan mengategorikan kinerja menteri berikut pimpinan lembaga negara. Skor 0-59 dikategorikan dengan kinerja buruk, 60-79 masuk kategori sedang/biasa-biasa saja, 80-89 terkategori baik, dan rentang 90-100 masuk kategori kinerja terbaik.

"Setelah dinilai secara kumulatif, Kepala BIN mendapati skor 99, disusul Panglima TNI dan Kapolri pada raihan yang hampir sama yaitu 98," ujar Boni.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More