Covid-19 di India Mengganas, Menkes: Ini Pelajaran bagi Kita

Jum'at, 23 April 2021 - 13:42 WIB
Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Menteri Kesehatan ( Menkes ) Budi Gunadi Sadikin (BGS) mengingatkan Covid-19 di India yang mengganas harus dijadikan pelajaran agar selalu berhati-hati terhadap laju penularan. BGS pun mengatakan bahwa kenaikan kasus Covid-19 di India yang mengganas diakibatkan ada dua hal.

"Untuk India memang kenaikannya tinggi sekali dan itu sebenarnya disebabkan oleh dua hal utama. Yang pertama adalah karena adanya mutasi baru di sana ya. Kemudian yang kedua karena terjadi penurunan yang cukup drastis sejak di bulan September banyak pelonggaran-pelonggaran yang dilakukan terlalu cepat," papar BGS, Jumat (23/4/2021).



BGS mengatakan protokol kesehatan yang dilonggarkan adalah penyebab kenaikan drastis Covid-19. "Protokol kesehatan yang dilonggarkan terlalu cepat, festival keagamaan yang besar-besar itu diizinkan. Sehingga akibatnya penularan terjadi kembali dengan mutasi baru dan naik sangat tinggi, dengan naik sangat tinggi," jelasnya.

BGS mengatakan, hal itu menjadi pelajaran bagi Indonesia. "Ini pelajaran bagi kita semua agar bisa selalu berhati-hati dalam mengamati laju penularan kasus ini," tegas BGS.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(zik)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More