Kabinet Gemuk Prabowo-Gibran Dinilai Kelemahan Pemerintahan Baru

Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:57 WIB
Pengamat Politik Ray Rangkuti menganggap banyaknya calon menteri, wakil menteri, hingga kepala badan dalam pemerintahan yang akan datang, justru menggambarkan kelemahan kepemimpinan Prabowo Subianto. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pengamat Politik Ray Rangkuti menganggap banyaknya calon menteri, wakil menteri, hingga kepala badan dalam pemerintahan yang akan datang, justru menggambarkan kelemahan kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Lemah dari aspek apa? Pertama adalah lemah di bawah tekanan partai, ini kabinet yang disebut paling banyak partai politiknya, satu partai aja bisa dapat 8 kursi, partai baru saja bisa dapat 2 hingga 3 kursi, itu partai baru," kata Ray dalam Program Interupsi di iNews, Kamis (17/10/2024).

"Oleh karena itu menurut saya, ini salah satu kelemahan pak Prabowo berhadapan dengan partai partai politik," sambungnya.





Kedua, Prabowo tidak hanya berhadapan dengan banyaknya partai politik yang telah mendukung dalam pilpres, namun juga berhadapan dengan pemerintahan sebelumnya.

"Kelemahan Pak Prabowo berhadapan dengan pemerintahan yang sebelumnya, dalam hal ini Pak Jokowi, kan ada sekitar 16 katanya ya menteri yang ada di zamannya Pak Jokowi itu juga sekarang ikut lagi kemungkinan akan menjabat sebagai menteri kembali," ucapnya.



Menurut Ray Rangkuti, tidak semua kementerian dapat diajak bergabung kembali dalam kabinet pemerintahan selanjutnya. Bahkan, kementerian tersebut harus dievaluasi kinerja sebelumnya.

"Kalau mungkin soal ekonomi kita mengerti, mungkin bagian dari kelanjutan, tapi kalau misalnya Menteri Pemuda dan seterusmya itu ada evaluasi enggak, baik kinerja, moral, maupun peristiwa peristiwa," katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More