Lawan Suhu Dingin, Misbakhun Finis Maraton Bergengsi di Amerika

Senin, 14 Oktober 2024 - 23:15 WIB
Anggota DPR Mukhamad Misbakhun kembali menjadi finisher lomba maraton bergengsi. Pada Minggu (13/10/2024), politikus Partai Golkar itu berhasil mencapai finis pada Chicago Marathon 2024 di Illinois, AS. Foto: Ist
JAKARTA - Anggota DPR Mukhamad Misbakhun kembali menjadi finisher lomba maraton bergengsi. Pada Minggu (13/10/2024), politikus Partai Golkar itu berhasil mencapai finis pada Chicago Marathon 2024 di Illinois, Amerika Serikat (AS).

Demi ikut lomba salah satu dari Six World Marathon Majors itu, Misbakhun meninggalkan hotel tempatnya menginap saat hari masih gelap. “Salat Subuhnya di trotoar taman dekat lokasi start,” katanya, Senin (14/10/2024).

Bersama sekitar 50.000 pelari, Misbakhun memulai start Chicago Marathon 2024 di Columbus Drive, Grant Park. Pria kelahiran 29 Juli 1970 itu termasuk dalam start gelombang pertama. “Alhamdulillah bisa ikut Wave 1, startnya bisa bareng pelari-pelari elite,” ujarnya.



Misbakhun mengenakan jersey kuning dengan bib number atau nomor di dada D 21488. Badge atau lencana Merah Putih juga tersemat di kaus dan topinya. Dia menghadapi suhu dingin dan terpaan angin dari Danau Michigan. Matahari di Chicago terbit pukul 07.02 waktu setempat, sedangkan bendera start dikibarkan sekitar pukul 07.40 atau mundur sekitar 20 menit dari jadwal semula.

Begitu bendera start berkibar, Misbakhun mulai berlari bersama para pelari lainnya. Dia berlari dengan berusaha disiplin dalam menjaga pace (kecepatan) karena masih dalam kondisi recovery setelah ikut Berlin Marathon dua pekan lalu.

Pria asal Pasuruan itu menuturkan ribuan penonton menyemangati para pelari di sepanjang rute Chicago Marathon 2024. Tidak hanya tepuk tangan dan sorak-sorai, tambahan semangat bagi para pelari juga berupa musik rock hingga drum band.

Setelah berlari sejauh 41 km lebih, Misbakhun mencapai garis finis. Catatan waktunya 3 jam 48 menit 49 detik dengan kecepatan rata-rata atau average pace 5:13/Km

Catatan waktu itu sedikit lebih lama dibanding capaian Berlin Marathon 2024 yakni 3 jam 45 menit 7 detik. Meski demikian, Misbakhun mengaku tetap bersyukur karena bisa mencapai finis di lomba maraton bergengsi itu.

“Saya bersyukur di usia 54 tahun masih diberikan kaki dan tubuh yang bisa diajak berlatih dan ikut race maraton dengan intensitas tinggi,” katanya.

Setelah berhasil menjadi finisher di London Marathon, Berlin Marathon, dan Chicago Marathon, Misbakhun masih punya keinginan lain. Pria asal Pasuruan, Jawa Timur, itu ingin melengkapi koleksi medali finisher pada tiga maraton top lainnya yakni Tokyo Marathon, Boston Marathon, dan New York Marathon.

“Semoga bisa menjadi Six Star Finisher dari Six World Marathon Majors,” kata politikus yang pada 1 Oktober lalu dilantik menjadi Anggota DPR 2024-2029.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More