RS Hermina Nusantara Grand Opening di IKN, Berbasis Ecogreen dan Smart Hospital

Minggu, 13 Oktober 2024 - 11:17 WIB
Presiden Jokowi menekan tombol sirine yang menandai grand opening Rumah Sakit Hermina Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). Foto/Dok. SINDOnews
PENAJAM PASER UTARA - PT Medikaloka Hermina Tbk menggelar grand opening Rumah Sakit Hermina Nusantara di wilayah Ibu Kota Nusantara , Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024). RS ini anggota Rumah Sakit Hermina ke-50.

Peresmian rumah sakit ditandai dengan acara grand opening ini dimulai dengan Hospital Tour bersama Presiden Joko Widodo ( Jokowi ). Bentuk peresmian dibukanya RS Hermina Nusantara ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Jokowi yang didampingi Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk dr Hasmoro.

Termasuk penandatanganan prasasti sebagai simbol dimulainya misi RS Hermina Nusantara memberikan pelayanan yang cepat dan akurat. Mengutamakan patient safety dengan didukung digitalisasi RS Electronic Medical Record.



Rumah sakit ini memiliki master plan dengan desain modern dan elegan. Terdiri dari delapan lantai seluas 28.210 meter persegi (master plan) yang berdiri di atas lahan seluas 20.700 meter persegi.

Mulai dibangun pada awal 2024, saat ini RS Hermina Nusantara telah memiliki 5 lantai. Nantinya dilanjutkan bertahap Master Plan 8 lantai siap menerima pasien rawat jalan, rawat inap, dan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Saya sangat menghargai kecepatan pembangunan dari RS Hermina Nusantara yang praktis dibangun hanya dalam waktu kurang lebih 10 bulan dan sekarang bisa beroperasional menerima pasien. Hal tersebut bisa memberikan kepercayaan dan confidence bagi ASN yang segera pindah ke IKN,” kata Jokowi.

dr Hasmoro mengatakan, RS Hermina Nusantara didirikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dan ungkapan terima kasih kepada pemerintah karena dalam 10 tahun terakhir ini dari akhir 2014-2024 jumlah RS Hermina telah tumbuh. Dari 21 RS menjadi 51 RS, sehingga rata-rata bertambah 3 RS dalam1 tahun.

Jumlah tempat tidur naik dari 1.600 TT menjadi 7.700 TT atau tumbuh 6.100 TT. ”Saat ini baru kami buka 50 TT dan setelah grand opening pembangunan kami lanjutkan hingga awal 2025 kami buka 100 TT,” jelas dr Hasmoro.

Hasmoro menerangkan RS Hermina Nusantara didukung RS Hermina Balikpapan dan RS Hermina Samarinda. Juga bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk buka bertahap dan telah mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia.

Ia menerangkan, RS Hermina Nusantara ditargetkan menjadi rumah sakit berbasis ecogreen dan smart hospital dengan akreditasi nasional dan internasional. RS Hermina Nusantara menjangkau pasien-pasien eksekutif dan non eksekutif yang lebih luas.

Pada September lalu, Hermina juga telah melakukan grand opening RS Hermina Madiun sebagai rumah sakit ke-49. Diharapkan dengan dibangunnya Rumah Sakit Hermina Nusantara dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah sekitar.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More