Inilah 5 Jenderal TNI yang Bertugas di Pusat Zeni Angkatan Darat

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 12:00 WIB
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memimpin Sertijab Kepala Pusat Zeni Angkatan Darat (Kapusziad) dari Mayjen TNI I Nengah Wiraatmaja kepada Mayjen TNI Budi Hariswanto di Mabesad, Jakarta, Senin (3/6/2024). FOTO/TNI AD
JAKARTA - Terdapat lima jenderal TNI yang bertugas di Pusat Zeni Angkatan Darat (Pusziad) . Mereka terdiri dari satu Perwira Tinggi (Pati) bintang dua dan tiga pati bintang satu.

Pusat Zeni Angkatan Darat sendiri merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat TNI Angkatan Darat (AD), yang bertugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi Zeni dan Nubika TNI AD.

Sedangkan Zeni, merupakan satuan militer yang bertugas untuk mendukung operasi tempur pasukan TNI AD. Pada intinya, mereka akan memfasilitasi mobilitas pasukan kawan dan menghambat pergerakan musuh.





5 Jenderal di Pusat Zeni Angkatan Darat

1. Brigjen TNI Faried Darman Hamid

Faried Darman Hamid lahir pada 7 Februari 1970, di Makassar, Sulawesi Selatan. Sejak 2 Oktober 2023, ia ditugaskan sebagai Direktur Kecabangan Pusziad menggantikan Brigjen TNI Mochamad Asrofi.

Sebelumnya, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 ini sempat menjabat sebagai Dosen Utama Seskoad sejak 2020. Ia juga pernah menduduki posisi Aslog Kasdam IV/Diponegoro di tahun 2015 silam.

2. Brigjen TNI Saptono Syiwarudi

Saptono Syiwarudi lahir pada 9 Juni 1970, di Kotabumi, Lampung Utara, Lampung. Sejak 29 Maret 2023, ia menjabat sebagai Direktur Umum Pusat Zeni Angkatan Darat.

Lulusan Akmil 1993 ini sebelumnya sempat menduduki posisi Paban I/Ren Slogad sejak 2022. Dalam riwayat kariernya, ia juga pernah menjabat sebagai Paban I/Jakrenstra Srenum TNI tahun 2019, dan Asrendam Jaya pada 2015.

3. Brigjen TNI Suwandi

Brigjen TNI Suwandi merupakan salah satu perwira TNI yang baru saja pecah bintang di tahun 2024 ini. Dirinya baru menyandang pangkat Brigjen TNI setelah menduduki posisi Inspektur Pusziad pada Februari 2024.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More