Gibran Ungkap Penyusunan Kabinet Sudah Hampir 100 Persen

Rabu, 09 Oktober 2024 - 13:34 WIB
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan penyusunan kabinet sudah hampir 100 persen. Foto/Dok SINDOnews/Riyan Rizki Roshali
JAKARTA - Penyusunan kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah hampir 100 persen. Itu diungkapkan oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Sudah hampir 100 persen," kata Gibran kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Gibran menegaskan bahwa dirinya juga ikut terlibat dalam penyusunan kabinet pemerintahan untuk lima tahun ke depan itu. Namun, dia belum membeberkan bocoran nama para menteri yang akan bergabung.





"Oh, iya pasti (ikut penyusunan kabinet)," kata putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut kabinet mendatang sudah mengerucut. "Saya bukan yang akan umumin, jadi saya enggak paham. Cuma ya saya kira finalisasi, sudah mulai mengerucut," kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024).

Namun, Muzani mengaku tak mengetahui pasti pengerucutan komposisi kabinet sudah sejauh apa. Dia memperkirakan, pengerucutan pembentukan kabinet sudah ke tahap jumlah nomenklatur dan nama calon menteri.



"Tetapi itu belum mengerucut, apa, sudah mulai mengerucut portofolio, mungkin jumlah dan nama-nama," tutur Muzani.

Sementara itu, Presiden Jokowi enggan berkomentar soal kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurutnya, hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Mengenai kabinet itu hak, seratus hak, prerogatif presiden," kata Jokowi usai menghadiri puncak acara HUT ke-79 TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).
(rca)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More