Pj Gubernur Jateng Ajak Generasi Z-Milenial Sukseskan Pilkada 2024

Kamis, 03 Oktober 2024 - 16:30 WIB
(Foto: istimewa)
SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menilai Generasi Z dan Milenial merupakan tumpuan harapan dalam menjaga demokrasi dan memastikan jalannya Pilkada yang bebas, jujur, adil dan berintegritas.

"Oleh karena itu, mahasiswa dan para pemuda harus ikut andil sebagai relawan yang kritis terhadap setiap bentuk pelanggaran, " tegasnya saat membuka Seminar Kebangsaan dengan Tema "Sukses Pemilu vs Pilkada Serentak 2024" di Aula PKM Fakultas Hukum UNDIP Semarang, Kamis (3/10/2024).

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini mengapresiasi penyelenggaraan Seminar yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah (Kesbangpol Jateng) bersama Undip Semarang dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada serentak menjadi ajang demokrasi yang damai, berkualitas dan berintegritas.



"Pilkada merupakan salah satu wujud pelaksanaan nyata dari kedaulatan rakyat yang menjadi pondasi utama dalam sistem demokrasi kita. Melalui pilkada masyarakat diberikan hak untuk memilih pemimpin yang akan membawa arah masa depan bangsa," ujarnya.

Nana menyebut, Jawa Tengah cukup sukses menggelar Pemilu 2024. Hal itu bisa dilihat pada tingkat partisipasi pemilih yang melebihi target hingga mencapai angka 82 persen. Tentu hal ini bisa menjadi daya dorong suksesnya Pilkada 2024 karena masyarakat sedikit banyak sudah memiliki bekal pengetahuan dari Pemilu 2024 kemarin. Kendati demikian, ada empat kriteria yang harus dipenuhi untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang sukses.

"Kriteria yang harus dipenuhi agar Pilkada 2024 sukses antara lain pertama, adanya partisipasi masyarakat yang tinggi. Kedua, setiap tahapan Pilkada yang telah dijadwalkan KPU berjalan sukses. Ketiga, terjaganya iklim yang kondusif melibatkan peran TNI Polri dan masyarakat. Terkahir, roda pemerintahan harus berjalan dengan baik," katanya.



(Foto: istimewa)

Nana mengungkapkan, Pemprov Jateng juga telah mempersiapkan berbagai hal demi menyukseskan Pilkada serentak 2024.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More