Pelatihan Anggota DPRD Perindo, Ahli: Pengelolaan Keuangan Tidak Hanya Menyusun, tapi Mengawasi

Rabu, 02 Oktober 2024 - 19:39 WIB
Ahli E-Budgeting, Gagat Djiwarno saat memberikan pelatihan penyusunan APBD bagi Anggota DPRD dari Partai Perindo, Rabu (2/10/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
JAKARTA - Partai Perindo menggelar Pelatihan Penyusunan APBD bagi kader yang menjadi Anggota DPRD , Rabu (2/10/2024). Pelatihan ini menghadirkan ahli E-Budgeting, Gagat Djiwarno.

Gagat menjelaskan, Anggota DPRD dalam pengelolaan tidak sebatas menyusun APBD. Lebih dari itu, Anggota DPRD juga harus melakukan pengawasan.

"Justru dari sisi saya pribadi, Anggota DPRD, baik kota maupun kabupaten itu, untuk justru lebih menekankan kepada pengawasan. Kalau di perencanaan penganggaraanya itu gampang," kata Gagat dalam paparannya, Rabu (2/10/2024).



Ia menilai selama ini Anggota DPRD memang lebih berfokus kepada penyusunan anggara lantaran membawa aspirasi masyarakat. Namun, jika fokus itu tidak diikuti pengawasan, maka perencanaannya itu tidak terwujud.

"Karena ada kalanya perencanaan A tapi tanpa pengawasan malah jadi B. Jadi ini satu siklus ini semuanya harus diperhatikan, mulai perencanaan sampai ke pengawasan," katanya.

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Perindo, Michael Sianipar menyebut Anggota DRPD dari Partai Perindo harus kritis dalam penyusunan APBD. Menurutnya, anggota legislatif yang baru dilantik masih memiliki peran dalam menyusun RAPBD 2025.

"Kami ingin memastikan teman-teman di kondisi prima, siap untuk terlibat dalam menyusun dengan kritis, dan memastikan program-program yang baik untuk masyarakat dan sesuai visi misi partai," kata Michael saat memberikan arahan, Rabu (2/10/2024).
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More