6 Tahun Gempa Palu, Cagub Sulteng Ahmad Ali: Pelajaran untuk Tidak Mengulangi Kesalahan

Sabtu, 28 September 2024 - 11:18 WIB
Mengenang 6 tahun gempa Kota Palu, Cagub Sulteng Ahmad Ali ajak seluruh pihak dapat memitigasi bencana lebih baik. (Foto: istimewa)
PALU - Tepat 6 tahun lalu (28/9/2018), Kota Palu dan beberapa wilayah kabupaten di Sulawesi Tengah porak poranda akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,4, disusul likuefaksi dan tsunami.

Mengenang tragedi yang menelan ribuan korban itu, Calon Gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 1 Ahmad HM Ali, mengajak seluruh pihak untuk selalu menjadikan peristiwa tersebut sebagai pelajaran agar bisa lebih baik dalam memitigasi bencana yang sulit diprediksi.

Dia berharap, pengalaman menghadapi bencana 2018 silam bisa menjadi pelajaran semua pihak, termasuk pemerintah daerah dalam menyiapkan kebijakan yang tidak abai pada kebencanaan.



"Masyarakat Sulteng Insyaallah ke depan makin kuat menghadapi tantangan," kata Ahmad Ali.

Ahmad Ali pun ingin menjadikan pengalaman para penyintas bencana sebagai salah satu modal dalam menyusun kebijakan jika diberi amanah memimpin Sulawesi Tengah pada pemilihan gubernur 27 November mendatang.

"Saya tidak mau ada lagi masyarakat Sulteng jadi korban tragedi. Karena tidak ada yang bisa memprediksi (kapan bencana terjadi), sehingga kita harus menyiapkan untuk lebih adaktif," tutur calon gubernur yang populer dengan tagline BERAMAL (Bersama Ahmad Ali-Abdul Karim) itu.

Dia mengatakan, momen mengenang peristiwa 28 September 2024 bukan untuk mengungkit kesedihan dan cerita memilukan, tetapi menjadi pelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang terjadi.

Ahmad Ali sendiri diketahui merupakan salah satu politisi yang paling responsif saat terjadi bencana 2018 silam. Dia yang saat itu duduk di Komisi VII DPR RI turun langsung mendatangi kamp-kamp pengungsian untuk menyalurkan berbagai bantuan kepada korban bencana.
(skr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More