Kaesang Pakai Rompi Putra Mulyono, Roy Suryo: Gimik Ndeso

Kamis, 26 September 2024 - 12:37 WIB
Blusukan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep ke Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten pada Selasa, 24 September 2024 menjadi perhatian publik. Foto/X Sigit Widodo
JAKARTA - Pemerhati Telematika, Multimedia, AI, dan OCB Independen Roy Suryo menyoroti putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep (KP) yang memakai rompi bertuliskan Putra Mulyono saat blusukan ke Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten pada Selasa, 24 September 2024. Roy Suryo menilai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu gimik ndeso.

“Mengapa saya sebut ndeso? Karena pilihan diksi tersebut justru diucapkan sendiri oleh KP dalam berbagai kesempatan untuk mengata-ngatai orang lain,” kata Roy Suryo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/9/2024).

Dia mengungkapkan, salah satu video Kaesang saat mengucapkan ndeso yang pernah terkenal adalah saat 2017. “Ketika dia merekam sendiri statementnya dalam video bertagar #BapakMintaProyek yang dibuatnya dengan menggunakan topi bertuliskan Kolektor Kecebong,” ungkapnya.





Dia mengatakan, baru-baru ini video tersebut viral lagi karena justru apa yang dikatakannya tujuh tahun lalu itu malah dilakukannya sendiri atau mininal oleh keluarganya. “Secara ilmu komunikasi publik, gimik-gimik ndeso (baca: kampungan alias katrok) semacam ini memang bisa menarik perhatian masyarakat karena bersifat menantang dan hal kontroversial semacam ini pasti akan seksi alias laku untuk pemberitaan,” ungkapnya.



Namun, kata Roy, harus diingat bahwa itu semua tergantung dari persepsi publik terhadap siapa yang bicara alias faktor dari sang komunikator yang memang krusial terhadap komunikannya. “Pesan konunikasi yang baik adalah ketika pesan yang disampaikannya bisa dimengerti dengan tepat, sesuai yang diinginkan dan bukan malah dipersepsikan berbeda alias beda maknanya,” ujarnya.
(rca)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More