Koleksi Brevet Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, Lulusan Akmil 1996 yang Melesat Jadi Pangdam XV/Pattimura

Kamis, 19 September 2024 - 05:43 WIB
Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo ketika menjadi Danpussenarmed. Saat ini, Putranto menjabat Pangdam XV/Pattimura. Foto: pussenarmed-tniad.mil.id
JAKARTA - Sederet koleksi brevet Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, salah satunya brevet Para Dasar TNI AD. Putranto saat ini menjabat Pangdam XV/Pattimura menggantikan Mayjen Syafrial yang dimutasi menjadi Kaskostrad.

Pada riwayatnya, Putranto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1996 dari kecabangan Artileri Medan (Armed). Sebelumnya, dia mengisi jabatan penting seperti Waasrenum Panglima TNI (2022), Danrem 052/Wijayakrama (2022-2024), hingga Danpussenarmed (2024).





Selain riwayat jabatan cemerlang, Putranto memiliki sederet koleksi brevet yang didapat dalam perjalanan kariernya.

Koleksi Brevet Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo

1. Brevet Astros Armed

Brevet Astros Armed diberikan oleh Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) TNI Angkatan Darat. Brevet ini menjadi tanda kehormatan bagi prajurit yang telah mengikuti pendidikan senjata berat terpadu yang diselenggarakan Pussenarmed TNI AD.

Setelah menjalani proses pendidikan tersebut, prajurit dapat mengoperasikan senjata artileri medan seperti roket MLRS Astros II MK 6. Senjata ini merupakan peluncur roket multipel atau Multiple Launch Rocket System (MLRS), jenis roket andalan yang dimiliki TNI AD sebagai alat bantuan tembakan.

2. Brevet Cesar Armed

Berikutnya ada brevet Cesar Armed. Brevet ini diberikan kepada prajurit korps Artileri Medan (Armed) TNI AD yang telah mengikuti pelatihan senjata meriam caesar.

Meriam 155/GS Caesar adalah meriam berkaliber 155 mm buatan PT Nexter, perusahaan persenjataan di Roanne, Prancis. Sistem penembakan meriam Caesar ini dibuat otomatis, termasuk proses penyiapan dan pemasukan amunisinya.

3. Brevet Korps Artileri Medan

Mayjen Putranto juga memiliki brevet Korps Artileri Medan. Brevet ini diberikan kepada prajurit TNI yang telah mengikuti pendidikan kecabangan Artileri Medan di Pusdik Armed.

4. Brevet Cakra Kostrad

Lalu, ada juga brevet Cakra Kostrad. Brevet ini diberikan kepada prajurit yang telah mengikuti latihan standarisasi prajurit Kostrad dan resmi menyandang predikat prajurit Cakra Kostrad.

Brevet tersebut juga merepresentasikan bahwa penerimanya termasuk ke dalam keluarga besar Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

5. Brevet Para Dasar TNI AD

Brevet berikutnya adalah Para Dasar TNI AD. Brevet ini diberikan kepada prajurit TNI AD yang telah lulus mengikuti kursus terjun payung militer.
(jon)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More