Kesederhanaan Paus Fransiskus Harus Jadi Contoh Gaya Hidup Pejabat

Rabu, 04 September 2024 - 19:42 WIB
Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus akhirnya tiba di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (4/9/2024). FOTO/MPI/ARIF JULIANTO
JAKARTA - Pengamat hukum dan politik, Pieter C Zulkifli menilai Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus memberikan contoh positif tentang hidup dalam kesederhanaan. Kunjungan Sri Paus Fransiskus ke Indonesia dinilai membawa pesan moral bagi bangsa Tanah Air.

Dalam catatan analisisnya, Pieter Zulkifli mengatakan, kesederhanaan Sri Paus kontras dengan dan gaya hidup hedonis serta perilaku korupsi yang sering ditemukan di kalangan pejabat Indonesia. Dia pun mengajak elite politik dan pejabat pejabat publik untuk merenungkan kembali nilai-nilai yang Sri Paus pegang dalam menjalankan tugas.

"Kunjungan diplomatik dan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia sarat dengan pesan moral dan seruan persaudaraan, tidak hanya bagi umat Katolik, tetapi juga bagi seluruh umat beragama satu pesan moral yang kuat yakni kesederhanaan yang dicontohkan oleh Paus,” kata Pieter Zulkifli dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (4/9/2024).



Dia berpendapat, tidak ada yang kebetulan dalam dunia. Begitu pula dengan kedatangan pemimpin Gereja Katolik sedunia ke Indonesia. Pieter Zulkifli menilai sosok yang sangat dihormati itu datang dengan kesederhanaan yang luar biasa. Terpenting, memberikan pesan moral yang kuat di tengah maraknya gaya hidup hedonisme di kalangan pejabat dan keluarganya di Indonesia.

"Paus Franciscus, meskipun bisa saja memilih fasilitas mewah seperti pesawat jet pribadi, kamar suite termewah, atau limusin anti peluru, justru memilih untuk melakukan perjalanan dengan pesawat komersial, menginap di Kedutaan Vatikan, dan menggunakan mobil sederhana, Kijang Zenith, tanpa kaca anti peluru," ungkapnya.

Lebih lanjut Pieter Zulkifli mengatakan, saat menumpangi mobil yang menjemputnya, Sri Paus justru duduk di depan, tepatnya di samping pengemudi dengan kaca jendela yang terbuka. Sri Paus bahkan melambaikan tangan sambil tersenyum penuh welas asih saat menyapa masyarakat.

Menurutnya, khotbah kesederhanaan ini tidak diungkapkan dengan kata-kata atau dari mimbar melainkan melalui tindakan nyata yang menyentuh kalbu banyak orang. "Kesederhanaan Paus ini bukan sekadar simbol, tetapi sebuah pesan yang kuat: kepemimpinan sejati tidak diukur dari harta atau kekayaan, melainkan dari ketulusan, pelayanan, dan pengabdian kepada orang lain. Paus menunjukkan bahwa kekuasaan tidak harus datang dengan kemewahan, tetapi seharusnya disertai dengan kerendahan hati dan kesederhanaan," imbuhnya.

Menurut Pieter Zulkifli, keteladanan Sri Paus berbanding terbalik dengan gaya hidup sebagian besar pejabat di Tanah Air. Mobil mewah, rumah megah, dan barang-barang bermerek sering kali menjadi penanda status sosial para pejabat di Indonesia. Padahal, tugas utama mereka adalah melayani rakyat, bukan mempertontonkan kekayaan.

Lebih dari itu, kata dia, banyak pejabat di negeri ini justru hobi menciptakan masalah dengan alasan hukum supaya dapat duit. Tak hanya itu, tidak sedikit pihak-pihak yang mencari kesempatan untuk mendapat uang. "Pengusaha diperas, rakyat kecil dikriminalisasi dan ditindas, tetapi para penjahat justru dilindungi," kata Pieter Zulkifli.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More