Prabowo Pimpin Pembekalan 40 Nakes TNI yang Akan ke Gaza

Rabu, 07 Agustus 2024 - 18:25 WIB
Menhan Prabowo Subianto, memimpin dan memberikan pembekalan kepada 40 nakes TNI yang akan berangkat untuk menjalankan misi kemanusiaan di Gaza, Palestina. Foto/Ist
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto , memimpin dan memberikan pembekalan kepada 40 tenaga kesehatan ( nakes ) TNI yang akan berangkat untuk menjalankan misi kemanusiaan di Gaza, Palestina. Pembekalan itu berlangsung di Ruang Bhinneka Tunggal Ika (BTI), Kemhan, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2024).

Prabowo menuturkan, yang terjadi di Gaza saat ini menusuk rasa kemanusiaan seluruh masyarakat.

"Yang terjadi di Gaza, Timur Tengah adalah sesuatu yang sangat menusuk rasa kemanusian kita," kata Prabowo kepada pihak yang hadir, Rabu (7/8/2024).





Dia menilai, saat ini Indonesia harus menunjukan sikap solidaritas dan sikap kemanusiaan dalam rangka membela semangat kemerdekaan.

“Bangsa Indonesia harus menunjukkan suatu sikap solidaritas, sikap kemanusiaan dalam rangka membela semangat kemerdekaan, hak bangsa untuk hidup dan menentukan nasibnya sendiri tanpa penindasan,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Ujang Darwis melaporkan terkait arahan Menhan Prabowo untuk menyiapkan fasilitas lapangan bagi nakes TNI dalam misi kemanusiaan ini.

"Hasil peninjauan kami pada bulan Juli lalu, bahwa fasilitas sangat lengkap. Akomodasi baik, Wi-Fi dan makanan juga sangat baik di sana," jelas Ujang.

Nantinya, 25 dari 40 personel nakes TNI yang terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga medis lainnya akan ditugaskan di Floating Hospital Persatuan Emirat Arab untuk misi kemanusiaan Gaza dan akan diberangkatkan pada hari Jumat, 9 Agustus mendatang.

Sisanya akan diberangkatkan menyusul perkembangan terkait keamanan. Pelaksanaan penugasan nakes TNI ini akan berlangsung selama empat bulan di wilayah El Arish, Mesir dengan menyesuaikan perkembangan situasi.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More