KBF Indonesia dan Pertamina Gelar Pelatihan Literasi Baca-Tulis di Tanah Papua

Kamis, 18 Juli 2024 - 20:47 WIB
Kitong Bisa Foundation (KBF) Indonesia bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Pelatihan Literasi Baca-Tulis di Tanah Papua. Foto: Ist
PAPUA - Sebagai komitmen mengatasi rendahnya tingkat literasi di Tanah Papua, Kitong Bisa Foundation (KBF) Indonesia bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Literasi Baca-Tulis di Tanah Papua. Pelatihan literasi untuk tim pengajar ini resmi dibuka secara daring pada Selasa, 9 Juli 2024.

Pembukaan ini dihadiri beberapa stakeholder maupun mitra yang terlibat dan mendukung kegiatan ini yakni Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar, Manager CSR PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Papua Junus Simangunsong.





Kemudian, Staf PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Sugi Rahayu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Merauke Yuliastri Karim, dan Dosen PGSD FKIP Universitas Musamus Yonarlianto Tembang beserta mahasiswa Universitas Musamus.

Billy mengatakan, tingkat buta huruf di daerah-daerah terluar Indonesia masih sangat tinggi. Untuk itu, peningkatan literasi baca-tulis sangat penting bagi masyarakat, khususnya di Tanah Papua sekaligus mengapresiasi KBF Indonesia dan Pertamina yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Peningkatan literasi ini penting karena merupakan skil pertama dari seorang manusia dalam mengabsorpsi skill-skill yang lain di kemudian hari. Sementara kalau kita melihat tingkat buta huruf di provinsi-provinsi terluar Indonesia masih sangat tinggi. KBF Indonesia hadir dengan Pertamina menciptakan inovasi-inovasi untuk mengurangi gap tersebut,” ujar Billy yang juga Duta Pembangunan Keberlanjutan Nasional (SDGs).

Sebagai pendukung utama kegiatan ini, PT Pertamina melalui Manager CSR Dian Hapsari menyampaikan kegiatan ini disambut baik oleh Pertamina karena sebagai BUMN yang beroperasi di wilayah Timur Indonesia. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia Timur menjadi salah satu bentuk tanggung jawab Pertamina dalam melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Pertamina mempunyai 4 program tanggung jawab sosial dan lingkungan yaitu Pertamina Cerdas, Pertamina Hijau, Pertamina Sehat, dan Pertamina Berdikari. Nah, kegiatan ini salah satunya dari Pertamina Cerdas di bidang pendidikan. Kami ingin berkontribusi dalam upaya anak-anak ini merupakan investasi, anak-anak ini adalah calon pemimpin bangsa sehingga Pertamina ingin turut serta berperan dalam mendidik dan membangun karakter anak-anak,” kata Dian melalui Zoom.

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Papua Junus Simangunsong mengatakan, semua anak-anak khususnya di Tanah Papua memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat baca anak-anak di Papua.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More