Terus Perbaiki Kinerja, KB Bank Raih Peringkat Internasional dari Fitch Ratings

Selasa, 25 Juni 2024 - 17:03 WIB
PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) meraih peringkat internasional di level BBB. (Foto: dok KB Bank)
JAKARTA - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) atau KB Bank kembali mencetak prestasi membanggakan. Kali ini, perseroan berhasil meraih peringkat internasional di level ‘BBB’ dengan outlook stabil yang diterbitkan oleh PT Fitch Ratings Indonesia.

Peringkat ini setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia (Rating Internasional) yang telah diumumkan lebih dulu pada Maret 2024 lalu. Capaian ini tentunya tak lepas dari dukungan kuat induk usaha KB Bank, yaitu KB Financial Group (KBFG).

Berkat kinerja dan konsistensinya, KB Bank menjadi salah satu institusi perbankan di Indonesia yang sukses meraih peringkat internasional setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia.



Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengatakan, “Peringkat internasional yang diterbitkan oleh Fitch ini mengukuhkan kepercayaan oleh para pemangku kepentingan di ranah internasional terhadap upaya perbaikan fundamental dan pertumbuhan berkelanjutan dari KB Bank.”

Adapun proses pemeringkatan Fitch didasarkan pada informasi faktual dari berbagai sumber kredibel dan terverifikasi. Peringkat ini menggambarkan stabilitas keuangan KB Bank dan komitmennya terhadap praktik-praktik bisnis berkelanjutan.

Saat ini, kinerja KB Bank terus mencatatkan perbaikan kinerja, di mana pertumbuhan kredit baru KB Bank mencapai 114,3 persen secara year-on-year. Pencapaian tersebut juga mampu diimbangi dengan perbaikan dari segi beban, di mana beban bunga dan beban operasional masing-masing tercatat turun 2,1 persen dan 12,4 persen secara year-on-year.

Robby menegaskan, KB Bank juga telah berhasil meningkatkan Net Interest Margin (NIM) menjadi 0,9 persen pada kuartal I-2024 dari sebelumnya 0,7 persen di periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain itu, KB Bank juga berhasil memperbaiki rasio kredit kualitas rendah atau loan at risk (LAR) menjadi 34,3 persen pada kuartal I-2024 dari 50,3 persen di periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hingga April 2024, rasio LAR tercatat terus membaik hingga 26,9 persen.

Tak hanya perbaikan fundamental, kata Robby, tahun ini KB Bank juga menargetkan pertumbuhan kinerja melalui ekspansi kredit yang dijalankan. Segmen korporasi atau wholesale menjadi anchor dalam upaya mendorong pertumbuhan ini dengan menciptakan ekosistem bisnis bagi segmen UMKM dan ritel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More