Profil Anita Jacoba Gah, Anggota DPR yang Memarahi Mendikbudristek Nadiem Makarim

Jum'at, 07 Juni 2024 - 16:29 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah dalam Rapat Kerja Komisi X DPR dengan Kemendikbudristek pada Kamis (6/6/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
JAKARTA - Sosok Anita Jacoba Gah menarik perhatian publik baru-baru ini. Anggota Komisi X DPR RI itu viral karena memarahi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim .

Kejadian itu terjadi dalam Rapat Kerja Komisi X DPR dengan Kemeanitandikbudristek pada Kamis (6/6/2024). Pada salah satu penuturannya, Anita menyebut pejabat Kemendikbudristek tidak baik dalam mengelola anggaran. Ia bahkan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan memeriksanya.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Anita Jacoba Gah ini? Berikut ini ulasan profilnya.





Profil Anita Jacoba Gah

Anita Jacoba Gah merupakan salah seorang politikus Indonesia. Saat ini, ia diketahui menjadi anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat.

Pada riwayatnya, Anita lahir di Jakarta, 9 Maret 1974. Artinya, ia sudah memasuki usia ke-50 tahun.

Mengutip laman DPR RI, Anita memulai pendidikannya di SD Negeri 1 Bonipoi (1981-1988). Setelahnya, ia lanjut ke SMP Negeri 1 Kupang (1988-1991) dan SMA Negeri 46 Jakarta (1991-1994).

Kemudian, Anita melanjutkan studi Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dan mengambil studi D3 Musik Gereja (1994-1997). Belum selesai, ia kembali melanjutkan pendidikannya di STIE Nasional Indonesia bidang ekonomi pada 2005-2008.

Beralih ke catatan kariernya, Anita memulai perjalanan politik sebagai anggota DPR-RI mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II. Ia terpilih pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2009.

Selain itu, Anita juga tercatat memiliki beberapa riwayat pekerjanan lain. Di antaranya seperti pengurus Gerakan Pemuda di OPIB Effatha, pengajar Musik & Vokal di Sanggar Ananda Jakarta, pengajar di Persekutuan Taruna di OPIB Effatha hingga pengajar Paduan Suara Wanita di OPIB Effatha.

Berdasarkan data e-LHKPN KPK, total harta kekayaan Anita Jacoba Gah yang tercatat hingga 31 April 2020 dilaporkan bernilai Rp358.000.000. Sementara untuk laporan terbaru, datanya belum ditemukan.

Demikian ulasan mengenai profil Anita Jacoba Gah, anggota DPR RI yang ‘semprot’ Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More