Dua Skenario HUT ke-79 RI: Di Jakarta dan IKN

Senin, 03 Juni 2024 - 14:51 WIB
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan terkait rencana peringatan HUT ke-79 RI. Menurutnya, ada dua skenario yang disiapkan. Foto/Carlos Roy
JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan terkait rencana peringatan HUT ke-79 RI. Menurutnya, ada dua skenario yang disiapkan.

"Terkait HUT RI, besok Bapak Presiden meninjau ke lokasi HUT RI. Tentunya ada beberapa hal terkait dengan HUT RI, sesuai nanti arahannya seperti apa," kata Heru Budi di Balai Kota Jakarta, Senin (3/6/2024)

Heru menambahkan, Panitia HUT ke-79 RI mempersiapkan dua skenario. "Di Jakarta dan IKN (Ibu Kota Nusantara). Bisa dipakai dua-duanya," ujar Heru.



Terkait kejelasan status ibu kota dari Jakarta berpindah ke IKN Nusantara, Heru meminta media untuk menanyakan hal tersebut kepada menteri terkait. "Intinya, HUT RI juga dilaksanakan di IKN, kalau perpindahan ya tanya Pak Menteri terkait ya," jawab Heru Budi.



Masukan Amien Rais ke Jokowi



Sebelumnya, mantan Ketua MPR yang kini Ketua Majelis Syura Partai Ummat M Amien Rais memberi masukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membatalkan peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

"Jadi masukan saya, Pak Jokowi segera saja membatalkan peringatan HUT RI ke-79 di IKN, supaya kita tidak jadi laughing stock atau bahan ketawaan dunia internasional," ujar Amien dikutip dari channel YouTube Amien Rais Official, Senin (3/6/2024).

Amien yakin, bangsa Indonesia bisa memahami sepenuhnya bila rencana merayakan HUT ke-79 RI tidak jadi di IKN karena pertimbangan-pertimbangan yang dia sampaikan. Adapun pertimbangan yang disampaikan Amien antara lain belum ada bangunan hotel yang siap menampung ribuan orang yang akan hadir dalam Upacara HUT ke-79 RI di IKN.

"Tapi ya monggo kerso Pak Jokowi, Anda masih Presiden bangsa Indonesia sampai 20 Oktober. Jadi saya hanya bisa kasih masukan enteng-entengan," ujar Amien.
(zik)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More