Cuaca Madinah Tembus 40 Derajat Celsius, Jemaah Haji Diimbau Batasi Aktivitas Luar Ruangan

Senin, 13 Mei 2024 - 22:17 WIB
Jemaah haji Indonesia disambut dengan cuaca panas saat tiba di Madinah. Suhu rata-rata berkisar antara 30-45 derajat celsius, Senin (13/5/2024). Foto/Andryanto Wisnuwidodo/SINDOnews
MADINAH - Jemaah haji Indonesia disambut dengan cuaca panas saat tiba di Madinah. Suhu rata-rata berkisar antara 30-45 derajat celsius. Oleh karena itu, Kemenag mengimbau jemaah menjaga kesehatan dan membatasi aktivitas di luar ruangan terkhusus para lansia.

"Mengingat saat ini kondisi cuaca di Madinah sangat panas dengan suhu mencapai 39 sampai dengan 40 derajat celcius bagi jemaah lansia jangan memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunnah," kata Fauzin dalam keterangannya di akun YouTube Kemenag, Senin (13/5/2024).

"Jangan memaksakan diri jika kondisi fisiknya tidak memungkinkan salat berjemaah di Masjid Nabawi. Jemaah bisa ditunaikan di hotel untuk menghindari kelelahan," ungkapnya.





Selain itu, pemerintah juga mengimbau kepada jemaah haji bila ingin beribadah di Masjid Nabawi untuk tetap memperhatikan hal-hal sebagai berikut, catat nama dan nomor pemondokan sebelum berangkat ke masjid Nabawi, beritahu dan catat nomor kontak petugas penyelenggara ibadah haji PPIH di pemondokan, kenakan identitas pengenal terutama gelang jemaah.

"Jangan tukar-menukar gelang dengan jemaah lainnya, pergi dan pulang secara berkelompok, gunakan pelembab kulit dan bibir untuk menghindari iritasi akibat cuaca panas," ucapnya.

Kemudian selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki untuk menghindari kaki melepuh. Jika kehilangan alas kaki, jemaah diminta tak memaksakan diri pulang ke hotel tanpa sandal di siang hari.

"Sebab jalanan yang dilalui sangat panas hubungi petugas yang ada di sekitar Masjid Nabawi. Selalu bawa dan minum air mineral 200 mili liter per jam secara teratur, untuk menghindari dehidrasi," kata dia.

Kemudian mengatur Irama keberangkatan dan kepulangan dari pemondokan menuju masjid Nabawi dan sebaliknya. Hal ini untuk menghindari penumpukan antrean lift di hotel, makan tepat Waktu, dan beristirahat yang cukup.

"Kepada seluruh jemaah haji Indonesia jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada petugas sejak di embarkasi selama penerbangan hingga di Tanah Suci Bila mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan Segera hubungi petugas haji Indonesia," tutupnya.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More