Daftar Kecelakaan Pesawat Tempur TNI AU dalam Tiga Tahun Terakhir

Kamis, 16 November 2023 - 16:28 WIB
Puing pesawat Super Tucano yang jatuh di wilayah Desa Keduwung, Pasuruan, Jawa Timur pada hari ini, Kamis (16/11/2023).
JAKARTA - Insiden kecelakaan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) kembali terjadi. Terbaru, dua pesawat Super Tucano jatuh saat sedang berlatih di wilayah Desa Keduwung, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada hari ini.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab utama jatuhnya kedua pesawat tempur tersebut. Termasuk korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang dikofirmasi membenarkan jatuhnya dua pesawat tempur jenis Super Tucano milik TNI AU. "Betul (ada dua pesawat jatuh )," kata Fadjar, Kamis (16/11/2023).

Insiden jatuhnya dua pesawat tempur ini menambah panjang daftar Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) milik TNI AU yang mengalami musibah dalam tiga tahun terakhir ini.

Berdasarkan data yang dihimpun, setidaknya ada tiga pesawat tempur yang jatuh saat tengah dioperasikan. Berikut ini tiga pesawat TNI AU yang mengalami kecelakaan:





1. Pesawat Tempur BAE Hawk 209

Pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 jatuh di kawasan Kubang Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin, 15 Juni 2020 sekitar pukul 08.13 WIB.

Pesawat tempur tersebut dipiloti Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru. Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat.

Pesawat Tempur yang jatuh merupakan jenis varian Hawk 100/200. Pesawat ini merupakan jet tempur generasi kelima buatan British Aerospace (Bae), Inggris sebagai pengembangan dari Hawk MK-53 yang juga sudah lama dimiliki TNI AU (angka 9 adalah bertanda seri Indonesia). Hawk 100/200 dirancang dengan desain yang apik, lincah, anggun, tahan lama serta pemeliharaannya yang simpel.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More