Deretan 13 Mayjen TNI Pemilik Brevet Komando Kopassus, Nomor 2 Mantan Ajudan Jokowi

Senin, 30 Oktober 2023 - 05:56 WIB
Deretan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI pemilik Brevet Komando Kopassus saat ini, setidaknya ada 13 Mayjen yang berhasil dihimpun SINDOnews, Senin (30/10/2023). Foto/Ilustrasi/tni.mil.id
JAKARTA - Deretan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI pemilik Brevet Komando Kopassus saat ini, setidaknya ada 13 Mayjen yang berhasil dihimpun SINDOnews. Di antara 13 Mayjen tersebut, satu di antaranya merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2017 sampai 2019.

Pemilik Brevet Komando Kopassus ini melambangkan bahwa, prajurit-prajurit yang mengenakannya telah digodog dalam kancah pendidikan atau latihan yang membara laksana api.

"Sehingga memiliki keberanian, kecekatan, dan keterampilan sebagai prajurit komando yang mencakup kemampuan di bidang operasi darat, laut, dan udara," seperti dikutip dari Kopassus.mil.id, Senin (30/10/2023).

Pendidikan untuk mendapatkan brevet tersebut berlangsung selama tujuh bulan, yang meliputi pendidikan dasar, pelatihan di hutan dan gunung, serta rawa, dan laut. Setelah melewati tahap ini, seorang prajurit Kopassus akan menerima Brevet Komando di Pantai Permisan, Cilacap, Jawa Tengah.





Berikut sejumlah Mayjen TNI pemilik Brevet Komando Kopassus, yakni:

1. Mayjen TNI Iwan Setiawan



Mayjen Iwan Setiawan sebelumnya adalah Danjen Kopassus, setelah posisinya digantikan Mayjen TNI Deddy Suryadi. Mayjen Iwan yang merupakan lulusan Akmil 1992, kini tengah menduduki posisi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura.

Jabatan ini diemban setelah terkena mutasi pada 28 April 2023. Jenderal kelahiran Soreang, Bandung, Jawa Barat, 15 Februari 1968 tersebut memangku jabatan Pangdam XII/Tanjungpura sejak 28 April 2023.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More