3 Bukti Ganjar Pranowo Dekat dengan Ulama dan Kiai NU

Kamis, 12 Oktober 2023 - 18:14 WIB
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dikenal dekat dengan alim ulama dan kiai terutama dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Foto/MPI
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dikenal dekat dengan alim ulama dan kiai terutama dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) . Hal ini terlihat dari seringnya sosok Ganjar sowan atau mengunjungi para ulama dan kiai di Indonesia terutama Ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Pakar Komunikasi Politik, Ratna Puspita juga menilai sosok Ganjar Pranowo dianggap Capres yang paling memiliki kedekatan yang kuat dengan NU. Berikut ini adalah bukti-bukti betapa dekatnya mantan orang nomor 1 di Jateng dengan para kiai dan ulama.



3 Bukti Kedekatan Ganjar Pranowo dengan Ulama NU

1. Sowan ke Pondok Pesantren Nurul Ibad dan Ziarah ke Makam Ulama Betawi

Ganjar Pranowo mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Ibad di Lubang Buaya, Jakarta Timur dalam rangka silaturahmi dengan pengasuh pesantren dan untuk berziarah ke makam Abuya KH Muhammad Syakrim, seorang ulama Betawi sepuh yang juga pendiri Yayasan Pesantren Nurul Ibad. Kunjungan ini dilakukannya pada Kamis (12/10/2023).

Dalam kunjungan tersebut Ganjar memuji kepemimpinan Abuya KH Muhammad Syakrim dalam merangkul semua agama dan mengajarkan kepada santrinya untuk menjaga hubungan baik dengan individu atau kelompok manusia lainnya, sehingga Abuya dianggap sebagai tokoh pemersatu.



Setelahnya mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga berdiskusi dengan pimpinan ponpes yang sekarang yakni, KH Ibnu Mulkam dan dirinya mendengarkan nilai-nilai yang diajarkan kepada para santri. Dirinya juga kagum dengan kepedulian Ponpes Nurul Ibad yang memberikan pendidikan gratis kepada anak jalanan.

“Sebenarnya kepedulian dari ponpes ini, Nurul Ibad sebenarnya punya kepedulian yang sangat spesifik. Dulu santrinya adalah anak-anak yang ada di jalanan, mungkin butuh asuhan dan kemudian masuk ke sini,” ujar Ganjar.

2. Ganjar Kerap Mendengarkan Aspirasi dan Masukan dari Alim Ulama

Calon Presiden Ganjar Pranowo diketahui kerap menerima masukan dan wejangan dari para ulama, terutama terkait pendidikan di pondok pesantren, agar para santri dapat menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Salah satu buktinya ketika dirinya mengunjungi acara Silahturahmi Masyayikh se-Indonesia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Banjar, Jawa Barat.

“Aspirasi tersebut disampaikan oleh para ulama dan kiai kepada Ganjar Pranowo di acara yang diselenggarakan pada hari Minggu 8 Oktober 2023. Mereka juga menekankan pentingnya persiapan generasi muda, terutama para santri, dalam menghadapi perubahan zaman yang cepat,” tutur Ganjar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More