19 Jabatan Luhut Binsar Pandjaitan selama Pemerintahan Jokowi

Senin, 09 Oktober 2023 - 21:52 WIB
Sejak era kepemimpinan Presiden Jokowi hingga saat ini, total ada belasan jabatan yang diemban Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO/DOK.MPI
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dirawat di rumah sakit akibat kelelahan sejak pekan lalu. Saat ini dikabarkan kondisinya berangsur membaik. Kondisi terkini Luhut Binsar Pandjaitan disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/10/2023). Sandi mendoakan Luhut kembali sehat dan dapat beraktivitas kembali.

"Kondisinya baik dan berangsur makin sehat. Dan mudah-mudahan, mohon didoakan teman-teman bisa beraktivitas kembali," kata Sandi.

Menurut Sandi, Luhut terpaksa masuk rumah sakit karena kelelahan mempersiapkan Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali. Sebelumnya Luhut juga turut Presiden Joko (Jokowi) lawatan ke sejumlah negara di Afrika.



"Kelelahan, beliau kelelahan karena persiapan AIS forum ini. Kemudian safari kunjungan ke Afrika, dan disambung lagi dengan kegiatan dan saat menghadiri ulang tahun ke-76 itu beliau sangat happy dan bahagia,” kata Sandi.



Sebagai pejabat tinggi, kesibukan Luhut Binsar Pandjaitan memang luar biasa. Apalagi, pensiunan Jenderal Kopassus itu juga dipercaya mengemban tugas-tugas lain di luar jabatan utamanya. Tak heran jika kemudian banyak pihak menganggap Luhut adalah orang kepercayaan Presiden Jokowi.

Sejak era kepemimpinan Presiden Jokowi hingga saat ini, total ada belasan jabatan yang diemban Luhut. Berikut ini 19 jabatan yang pernah diemban Luhut Binsar Pandjaitan selama pemerintahan Jokowi:

1. Kepala Staf Kepresidenan

Di awal periode pertama Presiden Jokowi, Luhut Binsar Pandjaitan dipercaya menjadi Kepala Staf Kepresidenan. Ini adalah jabatan baru yang tidak ada dalam pemerintahan sebelumnya. Luhut menduduki jabatan itu kurang dari setahun dari 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015.

2. Menko Polhukam

Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko) Polhukam dalam reshuffle kabinet pertama. Ia menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno. Ia mengemban jabatan Menko Polhukam mulai 12 Agustus 2015 hingga 27 Juli 2016.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More