6 Fakta Luhut Binsar Pandjaitan, Sosok Menteri yang Ternyata juga Pendiri Sat-81 Kopassus

Minggu, 27 Agustus 2023 - 06:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Istimewa
JAKARTA - Luhut Binsar Pandjaitan merupakan sosok Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia pada pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua. Sebelumnya, menteri asal Sumatera ini pernah berkarier di militer.

Luhut Binsar Panjaitan memiliki karier militer yang cemerlang. Ia lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) pada tahun 1970 dengan predikat Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik.

Tidak hanya itu, dirinya juga menjadi salah satu pendiri Sat 81 Kopassus . Satuan tersebut dikenal sebagai pasukan elit anti teror milik TNI Angkatan Darat.

Sebagai menteri yang memiliki banyak pengalaman dan prestasi. Untuk mengenal lebih jauh tentang sosok Luhut Binsar Pandjaitan, simak beberapa fakta berikut ini.

6 Fakta Menarik dari Sosok Luhut Binsar Pandjaitan

1. Lulus AKABRI dengan Predikat Terbaik dan Peraih Adhi Makayasa





Luhut Binsar menjadi lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Adhi Makayasa adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) yang memiliki nilai akademik, kedisiplinan, dan kepemimpinan yang terbaik.

Luhut Binsar meraih Adhi Makayasa pada tahun 1970, ketika ia lulus dari AKABRI dengan jurusan Angkatan Darat. Ia menjadi salah satu dari sedikit perwira yang berhasil mendapatkan penghargaan ini sepanjang sejarah AKABRI.

2. Pendiri Sat 81 Kopassus



Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika Luhut merupakan salah satu pendiri Sat 81 Kopassus, pasukan elit anti teror milik TNI Angkatan Darat. Ia bersama Prabowo Subianto, yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan, membentuk satuan khusus ini pada tahun 1981.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More