5 Fakta Taufiquerachman Ruki, Jenderal Polisi yang Menjadi Ketua KPK Pertama

Kamis, 03 Agustus 2023 - 02:08 WIB
Taufiquerachman Ruki jenderal bintang dua Polri yang menjadi Ketua KPK pertama. Foto/MPI/Dok
JAKARTA - Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Taufiquerachman Ruki merupakan mantan perwira tinggi Polri yang pernah menjadi Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pertama di Indonesia.

Jabatan tersebut diembannya selama lebih dari empat tahun, yaitu periode 2003 sampai 2007. Tak berhenti di situ, ia juga pernah kembali dipercaya untuk memimpin KPK pada masa pemerintahan Presiden Jokowi.



Lantas, seperti apa sosok Taufiquerachman Ruki? Untuk lebih mengenalnya, simak sederet fakta berikut ini.

Fakta Taufiquerachman Ruki

1. Ketua KPK Pertama





Taufiquerachman Ruki merupakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pertama di Indonesia. Kala itu Ruki terpilih melalui mekanisme pemungutan suara usai uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang dilakukan Komisi II DPR pada tanggal 16 Desember 2003.

Pada saat pemilihan itu, Ruki terpilih lantaran unggul selama dua voting berturut-turut, yaitu 43 suara dan 37 suara. Namun, ia hanya memimpin KPK selama empat tahun dan digantikan oleh Antasari Azhar pada tahun 2007.

2. Peraih Adhimakayasa



Taufiquerachman Ruki merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian dan menjadi peraih Adhi Makayasa pada tahun 1971. Ketika di PTIK, ia juga menjadi salah satu lulusan terbaik dengan peringkat 4 terbaik.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More