Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dan Swedia, Skor Beda Jauh?

Minggu, 30 Juli 2023 - 04:04 WIB
Perbandingan kekuatan militer Indonesia dan Swedia menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Menilik riwayatnya, kedua negara ini memiliki hubungan diplomatik yang sudah terjalin lama. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Perbandingan kekuatan militer Indonesia dan Swedia menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Menilik riwayatnya, kedua negara ini memiliki hubungan diplomatik yang sudah terjalin lama.

Mengutip laman Kemlu RI, kedua negara telah menjadi pendukung multilateralisme dan berperan penting pada banyak hal, termasuk di sektor militer. Dalam hal ini, Indonesia dan Swedia juga turut berkontribusi pada operasi penjaga perdamaian PBB dengan tujuan memelihara keamanan internasional.



Terlepas dari statusnya masing-masing, Indonesia dan Swedia memiliki kekuatan militer yang tidak bisa diremehkan.

Lantas, bagaimana perbandingan kekuatan di antara dua negara ini? Simak ulasannya berikut yang didasarkan pada data Global Fire Power (GFP) 2023.



Perbandingan Militer Indonesia vs Swedia

1. Skor Power Index

Menurut data Global Fire Power (GFP) 2023, Indonesia memiliki skor 0,2221 (skor sempurna: 0,0000). Angka ini menempatkannya pada posisi ke-13 dari 145 negara yang masuk pemeringkatan.

Sementara itu, Swedia sendiri berada diperingkat ke-37 dari 145 negara. Skor yang dimilikinya adalah 0,5679. Jadi, secara skor power index, Indonesia lebih unggul.

2. Angkatan Bersenjata

Pada jumlah angkatan bersenjata yang dimilikinya, Indonesia juga unggul dari Swedia. Dengan perkiraan populasi lebih dari 277 juta jiwa, Indonesia mempunyai 400.000 personel aktif, 400.000 personel cadangan, serta 280.000 pasukan paramiliter.

Beralih ke sisi Swedia, mereka memiliki personel aktif mencapai 16.000 orang. Selain itu, ada juga sekitar 22.000 lainnya yang menjadi pasukan paramiliter.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More