Pengembangan Strategi Pembelajaran Kependudukan dan Lingkungan Hidup

Rabu, 07 Juni 2023 - 11:30 WIB
Hery Susanto, Mahasiswa Prodi S-3 PKLH Program Pascasarjana UNJ. Foto/Istimewa
Hery Susanto

Mahasiswa Prodi S-3 PKLH Program Pascasarjana UNJ

MASALAH kependudukan dan lingkungan hidup berkelindan karena masyarakat tidak menghuni di ruang hampa. Segala aktivitas masyarakat akan bertalian dengan lingkungannya. Oleh karena itu, kedua hal ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain, apalagi di era modern: perubahan terus-menerus menimbulkan berbagai krisis.

Perlu kebijakan yang dapat mengubah sikap dan perilaku manusia agar bereproduksi secara rasional, memelihara lingkungan hidup, serta bertanggung jawab atas kualitas kehidupan saat ini dan masa depan. Namun, sebelum itu, masyarakat juga perlu diedukasi atas pentingnya menjaga lingkungan hidup demi masa depan yang baik. Ini, salah satu caranya, dapat dilakukan dengan menggaungkan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup (PKLH).

Pendidikan yang dilakukan tidak bisa sembarangan. Perlu metode atau strategi pembelajaran yang tepat guna agar segala upaya yang dikerahkan berlangsung efektif, efisien, dan tepat guna.



Strategi pembelajaran menggambarkan komponen umum materi pembelajaran dan prosedur yang digunakan dalam mencapai hasil belajar. Konsep strategi pembelajaran tergambar dalam peristiwa pembelajaran yang dijelaskan secara perinci oleh Gagne dalam bukunya berjudul The Condition of Learning and Theory of Instruction (1985).

Peristiwa pembelajaran, menurut Gagne, adalah gambaran sederhana tentang paradigma aktivitas peserta didik dan pendidik yang terjadi secara komplementer (saling isi-mengisi) dan saling ketergantungan dalam situasi belajar. Peristiwa belajar menggambarkan aktivitas peserta didik dalam menerima, mempraktikkan, menciptakan, dan lain-lain. Peristiwa pembelajaran menggambarkan aktivitas pendidik dalam memindahkan ilmu, membina, memberikan kenyamanan belajar, dan lain-lain (Leclercg dan Poumay, 2011).

Strategi Pembelajaran PKLH



Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang efektif untuk memfasilitasi pemahaman, keterlibatan, dan tindakan positif siswa terhadap isu-isu kependudukan dan lingkungan hidup dalam PKLH. Pertama, pembelajaran berbasis proyek. Strategi ini melibatkan siswa dalam proyek nyata yang berkaitan dengan isu-isu kependudukan dan lingkungan hidup.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More