PAN dan PPP Usul Capres Nonkader, Buka Jalan Golkar Gabung KKIR atau KPP

Kamis, 30 Maret 2023 - 16:08 WIB
Menuju Pilpres 2024, membuat semua elemen partai politik membangun komunikasi. Hal ini dilakukan demi sinergi dan koalisi yang akan dibangun ke depannya. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Menuju Pilpres 2024, membuat semua elemen partai politik membangun komunikasi. Hal ini dilakukan demi sinergi dan koalisi yang akan dibangun ke depannya.

Seperti Partai Golkar yang tengah membangun komunikasi intens dengan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Meskipun Golkar mengklaim Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas masih solid.

Peneliti Utama BRIN, R Siti Zuhro menilai, KIB sejak awal terkesan hanya membangun kesepakatan 'tentatif' tiga partai, yakni Golkar, PAN, dan PPP. Tanpa membahas siapa capres-cawapres.

"Masing-masing partai diberi kesempatan untuk mengusulkan calonnya. Dengan berjalannya waktu, masing-masing partai di KIB proaktif/kreatif untuk mencari paslon," kata Siti Zuhro, Kamis (30/3/2023).





Siti juga menilai aneh, yang diusulkan oleh PAN dan PPP sebagai capres dan cawapres justru nonkadernya. Bahkan kader partai di luar KIB seperti Ganjar-Erick dan Sandiaga Uno.

"Sementara Golkar yang katanya sudah mantap dengan ketuanya sebagai capres, belum juga dideklarasikan," ucapnya.



Tampaknya lanjut dia, Golkar mulai menghitung ulang prospek KIB dan pencalonan ketumnya. Sebab, dengan perkembangan sekarang, bisa saja Golkar masuk angin.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More