Survei Indikator: Kepercayaan Publik terhadap Polri Meningkat, Lewati Parpol dan DPR

Minggu, 26 Maret 2023 - 16:42 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya dalam sebuah konferensi pers. Kepercayaan publik terhadap Polri saat mencapai 70,8% berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Kepercayaan publik terhadap Polri terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan public trust terhadap Korps Bhayangkara bahkan melebihi partai politik dan DPR.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyatakan, ada peningkatan kepercayaan terhadap kinerja Polri. Pada temuan Desember 2022 angkanya baru menyentuh 66,5%, kini sudah mencapai 70,8%.

"Dalam temuan kami, public trust Polri kini berada di angka 70,8%, menempatkan Pori berada di atas partai politik dan DPR," kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik Dalam Dua Surnas Terbaru secara virtual, Minggu (25/3/2023).

Baca juga: Survei Indikator: Ganjar Unggul, Prabowo dan Anies Terpaut Tipis

Pada temuan yang sama, menurut Burhanuddin, tingkat kepercayaan publik terhadap DPR sebesar 68,3%. Angkanya semakin mengecil jika dibandingkan dengan partai politik yang hanya 62,3%.



Temuan Indikator itu selaras dengan kinerja Polri yang terlihat semakin konsisten dalam menjalankan tugas tanpa adanya intervensi dari pihak luar. Hal ini tercermin dari penanganan beberapa kasus oleh Polri yang terbukti mampu menindak tegas pelaku kejahatan tanpa pandang bulu.

Dalam temuan Indikator, penanganan terhadap kasus investasi bodong, KSP Indosurya, termasuk penerapan tilang elektronik berhasil mengerak tingkat kepercayaan publik terhadap Polri.

Polri juga terlihat semakin transparan dalam menyampaikan informasi kepada publik terkait tindakan yang dilakukan. Hal ini membuat publik semakin percaya Polri benar-benar bekerja untuk kepentingan rakyat, bukan politik tertentu.

Baca juga: Elektabilitas Erick Thohir sebagai Cawapres Melesat
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More