2 Jenderal Polisi Alumni Akpol 1988 yang Sukses Jabat Komandan Brimob

Jum'at, 17 Maret 2023 - 19:06 WIB
Irjen Pol Rudy Sufahriadi (Foto/Istimewa) dan Komjen Pol Anang Revandoko (Foto/MPI)
JAKARTA - Terdapat dua Jenderal Polisi alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 yang sukses menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri. Salah satunya masih menjabat sampai saat ini.

Melansir dari laman Korps Brimob Polri, Korps Brigade Mobil ( Brimob ) merupakan satuan elite Polri yang bertugas menanggulangi ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), seperti gerakan radikal bersenjata, aksi terorisme, dan pengamanan unjuk rasa yang anarkis.

Dalam struktur organisasinya, Korps Brimob dipimpin oleh Dankorbrimob dan didampingi oleh Wakil Komandan Brimob. Telah ada 30 nama Perwira Tinggi Polri yang telah menduduki jabatan Komandan Korps Brimob hingga kini. Dua di antaranya merupakan jebolan Akpol tahun 1988.

Baca juga: Buka Rakernis, Kapolri Tekankan Brimob Harus Jadi Teladan

Berikut profil singkat dua jenderal Polisi yang sukses menjabat Komandan Brimob:



1. Irjen Pol Rudy Sufahriadi

Irjen Rudy Sufahriadi lahir pada 23 Agustus 1965 di Cimahi, Jawa Barat. Dia kini tengah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah. Jabatan itu diembannya sejak 25 Agustus 2021.

Posisi Komandan Korps Brimob sempat diembannya di tahun 2018. Setahun berselang, jebolan Akpol 1988 ini dipercaya untuk menjadi Asisten Operasi Kapolri.

Irjen Rudy juga sempat ditugaskan sebagai Kapolda Jawa Barat di tahun 2019. Hingga pada 2020, dia ditunjuk sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Sebelum akhirnya menjabat sebagai Kapolda Sulteng.

2. Komjen Pol Anang Revandoko

Komjen Anang Revandoko merupakan Dankor Brimob yang masih menjabat sampai saat ini. Awal mula jabatannya sebagai Komandan Brigade Mobil pada 2 Agustus 2019. Saat itu Anang masih Perwira Tinggi Polri berpangkat Inspektur Jenderal.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More