Puncak 1 Abad NU Besok, Perindo Malang: Nahdlatul Ulama Rawat Marwah NKRI di Tengah Isu Global

Senin, 06 Februari 2023 - 20:30 WIB
Ketua DPD Partai Perindo Kota Malang Laily Fitriyah Liza Min Nelly. Foto/Istimewa
JAKARTA - Acara puncak resepsi 1 Abad NU akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada Selasa (7/2/2023). Menyambut Satu Abad Nahdlatul Ulama ( NU ), Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menyambut dengan penuh kebahagiaan atas bertambahnya umur NU yang menembus usia ke-100.

Ketua DPD Partai Perindo Kota Malang Laily Fitriyah Liza Min Nelly mengatakan NU merupakan salah satu organisasi masyarakat terbesar di Indonesia, bahkan di dunia pada saat ini. "NU merupakan organisasi masyarakat yang turut berperan aktif dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," kata Nelly dalam keterangannya, Senin (6/2/2023).

Organisasi Islam terbesar di Indonesia ini lahir dari pemikiran ulama besar Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari dan beberapa ulama lainnya, seperti KH Wahab Hasbullah dan KH Bisri Syamsuri. "Yang mana diyakini para ulama tersebut melahirkan Nahdlatul Ulama untuk menjaga sunnah Nabi Muhammad SAW dan para ulama," ungkapnya.



Dalam perjalanannya, NU senantiasa mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Bahkan, NU yang berdiri sejak 1926, sudah banyak melahirkan banyak pemikir tentang kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama melalui tokoh-tokohnya.



Nelly mengatakan sangat mengapresiasi salah satu tokoh NU yang paling disegani dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum NU selama tiga periode (1984-1994) ialah Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. "Gus Dur pernah memimpin negara ini sebagai Presiden pertama yang dipilih parlemen selepas masa Orde Baru," tutur Nelly.

Meskipun tidak lama menjabat sebagai Presiden ke-4 RI, Gus Dur telah memberikan warna indah pada keberagaman serta toleransi beragama dengan menghapus diskriminasi terhadap agama. "Dengan kebijakannya yang menghapus diskriminasi terhadap etnis Tionghoa dan mengakui Khonghucu sebagai agama," katanya.

Kini, di bawah kepemimpinan KH Yahya Cholil Staquf, NU memiliki misi besar dalam merawat jagad dan membangun peradaban baru. Apalagi di era saat ini, Nelly menilai NU mampu dan turut serta merawat marwah NKRI di tengah isu global.

"Selamat hari lahir Nahdlatul Ulama ke-100 tahun. Mendigdayakan Nahdlatul Ulama, menjemput abad kedua dan menuju kebangkitan baru," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rca)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More