Jackie Chan Jadi Duta Antinar koba

Sabtu, 09 Mei 2015 - 11:28 WIB
Jackie Chan Jadi Duta Antinar koba
Jackie Chan Jadi Duta Antinar koba
A A A
SINGAPURA - Bintang film laga Jackie Chan dipilih menjadi duta antinarkoba pertama dari jajaran selebritas di Singapura. Chan mengingatkan para anak muda untuk tidak bereksperimen dengan obat-obatan tersebut karena dampaknya bisa membuat kecanduan.

”Satu-satunya pilihan adalah menjauhi narkoba. Saat ini banyak pemuda yang berpikir narkoba itu menyenangkan, tapi itu justru akan merugikan Anda. Bukan hanya itu, juga akan membahayakan keluarga Anda serta memberikan pengaruh buruk pada teman-teman Anda,” tuturnya dikutip Channel News Asia . Terkait kontroversi hukuman mati bagi terpidana mati kasus narkoba yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan, Jackie Chan ikut berkomentar.

Dia mengaku mendukung hukuman mati bagi kasus-kasus tertentu. ”Ketika Anda menjual narkoba, sama halnya Anda menyakiti ribuan orang. Saya bukan hakim, tapi beberapa kasus memang pantas mendapat hukuman berat,” tegasnya. Sebelumnya pada 2004 lalu, Jackie Chan juga ditunjuk PBB menjadi Goodwill Ambassador untuk UNICEF. Dengan perannya sebagai duta narkoba, aktor laga ini semakin bersemangat.

Pasalnya, putranya sendiri, Jaycee Chan, juga menjadi korban narkoba. Baru-baru ini, Jaycee Chan ditahan selama enam bulan di penjara China karena menggunakan narkoba. Ketika ditanya tentang reaksinya terhadap penyalahgunaan narkoba yang dilakukan sang anak, Chan mengatakan sangat terkejut sekaligus malu saat pertama mengetahui.

”Saya bertanya pada diri sendiri bagaimana mungkin? Dulu saya selalu membiarkan dia melakukan apa yang dia inginkan, tapi sekarang saya tahu bahwa dia masih anak-anak,” cerita Chan. Sebagai tugas awal menjadi duta antinarkoba Singapura, dia terus mengajak siapa pun untuk terus mengatakan tidak pada narkoba.

Dia juga didaulat untuk meluncurkan sebuah aplikasi permainan antinarkoba, Aversion. Jackie Chan merupakan aktor serta penulis naskah layar lebar dan penyanyi. Aksinya dalam film-film laga membuatnya menjadi idola. Sikap positifnya selama ini membuat PBB, China, dan Singapura menobatkannya menjadi duta.

Ananda Nararya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5956 seconds (0.1#10.140)