Menlu Prancis Siap Hadiri Peringatan Perang Dunia II

Kamis, 07 Mei 2015 - 08:45 WIB
Menlu Prancis Siap Hadiri Peringatan Perang Dunia II
Menlu Prancis Siap Hadiri Peringatan Perang Dunia II
A A A
PARIS - Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Laurent Fabius menyatakan akan pergi ke Rusia untuk menghadiri peringatan 70 tahun kemenangan Soviet atas Nazi Jerman pada Sabtu mendatang.

Padahal, kegiatan tersebut menjadi sorotan sejak beberapa bulan terakhir karena sebagian besar negara Barat menyatakan memboikot peringatan tersebut. Namun, Fabius mengaku tidak akan menghadiri parade militer Red Square yang akan diadakan besar-besaran sebagai unjuk kekuatan Presiden Vladimir Putin yang berhasil menggabungkan semenanjung Crimea tahun lalu. ”Saya tidak akan berada di parade itu, hanya akan meletakkan karangan bunga dan pergi ke Kremlin,” ujar Fabius, dilansir AFP .

Menurutnya, Presiden Francois Hollande tidak bisa menghadiri acara tersebut karena pada saat bersamaan akan berada di Kuba. Fabius akan bergabung bersama 22 pemimpin dunia dari 68 negara, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel dan Sekjen PBB Ban Ki-moon. Sejumlahnegara Barat memboikot acara tersebut karena keterlibatan Rusia dalam konflik di Ukraina. Laurent Fabius menjabat sebagai menlu Prancis sejak 2012.

Dia mulai berkarier di pemerintahan sejak 1981 dengan menduduki kursi menteri perindustrian. Tiga tahun kemudian dia menjadi perdana menteri (PM) pada usia 37 tahun. Pada 1997 dia kembalimenjabatsebagai presiden Majelis Nasional, dan menduduki menteri ekonomi dan keuangan pada 2000.

Ananda nararya
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1252 seconds (0.1#10.140)