Menjamur, Kredibilitas Lembaga Survei Dipertanyakan

Sabtu, 02 Mei 2015 - 18:01 WIB
Menjamur, Kredibilitas Lembaga Survei Dipertanyakan
Menjamur, Kredibilitas Lembaga Survei Dipertanyakan
A A A
JAKARTA - Lembaga Pendidikan, Penelitian dan Penerangan, Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menilai, menjamurnya lembaga survei memang cukup membantu publik buat menilai tingkat elektabilitas kontestan politik.

Namun, menjamurnya lembaga survei diduga erat kaitannya dengan 'pesanan' pihak tertentu untuk meraup dukungan instan. Direktur LP3ES Rustam Ibrahim mengakui, peran lembaga survei dalam politik 'kontemporer' perlu dikontrol ketat oleh publik.

Pasalnya, momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan secara serentak akhir 2015 nanti, lembaga survei diyakini juga akan digunakan untuk menentukan survei sesuai dengan yang diinginkan.

"Saat ini tidak sedikit lembaga survei yang turut 'bermain', dalam pilkada nanti juga akan semakin banyak lembaga survei yang digunakan," tutur Rustam dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (2/5/2015).

Karena itu menurut Rustam, kredibilitas beberapa lembaga survei politik saat ini harus dipertanyakan, mengingat 'menjamurnya' lembaga survei yang sering dipesan seseorang atau kelompok tertentu untuk melakukan survei sesuai dengan pesanan.

"Terlebih jika ada lembaga survei politik yang sering merilis surveinya dalam waktu yang berdekatan. Kredibilitas lembaga survei, yang sering merilis surveinya harus dipertanyakan," tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6674 seconds (0.1#10.140)