Perencanaan Banyuwangi Terbaik

Kamis, 30 April 2015 - 09:59 WIB
Perencanaan Banyuwangi Terbaik
Perencanaan Banyuwangi Terbaik
A A A
BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi kembali meraih Anugerah Pangripta Nusantara dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Penghargaan itu diberikan untuk kabupaten/kota dengan perencanaan pembangunan terbaik dan sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Parameternya antara lain konsistensi, komprehensif, keterkaitan, dan keterukuran perencanaan bisa diaplikasikan dengan baik. Tahun ini ada enam kabupaten/ kota yang terpilih dari total lebih dari 500 kabupaten/ kota se-Indonesia.

Banyuwangi menjadi salah satu terbaik dari enam kabupaten/ kota yang meraih penghargaan itu. Penghargaan diberikan langsung Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Andrinof Chaniago kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Jakarta kemarin.

Azwar Anas mengatakan, beberapa aspek yang juga dinilai antara lain keterkaitan program prioritas kabupaten/ kota dengan pemerintah provinsi dan pusat, konsistensi antara rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), serta kedalaman serta kelengkapan data analisis dalam penyusunan program- program prioritas.

”Proses perencanaan pembangunan melalui musyawarah rencana dari tingkat desa sampai kabupaten juga dinilai. Begitu juga, keterlibatan dan peran DPRD dalam penyusunan RKPD menjadi poin plus. Tidak ketinggalan inovasi di bidang perencanaan dan pembangunan,” urai Anas.

Sejumlah inovasi perencanaan tersebut, imbuh Anas, di antaranya tersedianya pagu indikatif bagi 24 kecamatan sebesar Rp105 miliar. Dengan pagu tersebut, ada kepastian pendanaan bagi pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan (musrenbangcam).

Masdarul khoiri
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4213 seconds (0.1#10.140)