John Allen Ajak ASEAN Perangi ISIS

Senin, 20 April 2015 - 09:39 WIB
John Allen Ajak ASEAN Perangi ISIS
John Allen Ajak ASEAN Perangi ISIS
A A A
SINGAPURA - Utusan khusus Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk Koalisi Global Kontra ISIS (Negara Islam Irak Suriah) Jenderal John Allen mengatakan, ISIS menimbulkan keprihatinan bagi negara- negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki populasi muslim terbesar.

Allen melihat ratusan bahkan ribuan orang Asia baik laki-laki maupun perempuan ikut tergabung dalam jaringan ISIS. Untuk menekan penyebaran jaringan ISIS, terutama di wilayah ASEAN, pihaknya berniat untuk menemui Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh untuk melakukan perjanjian kerja sama dalam menangkal penyebaran ISIS.

”Saya ingin berbicara dengan para pemimpin ASEAN untuk membahas beberapa hal,” ujarnya kepadaChannel News Asia . Allen memuji langkah yang dilakukan ASEAN, khususnya Singapura yang mampu memulihkan warga yang telah membelot ke ISIS untuk kembali hidup normal bermasyarakat.

Sejak 2002 Singapura merilis 57 ekstremis yang menjalani program rehabilitasi. Hal tersebut menjadi salah satu program tersukses Perdana Menteri Lee Hsien Loong. John R Allen ialah pensiunan Korps Marinir AS. Jenderal bintang empat ini sejak September lalu ditunjuk Presiden AS Barack Obama untuk mewakili Washington dalam koalisi antiterorisme.

Koalisi antiterorisme memiliki lima langkah operasi strategis yang dirancang untuk membongkar ISIS. Di bawah kepemimpinan Arab Saudi dan Italia, koalisi tidak hanya pemetaan aset keuangan kelompok ekstremis serta sumber daya, tetapi juga sistematis memburu mereka untuk menyangkal kemampuan mereka.

Ananda nararya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7263 seconds (0.1#10.140)