Bacin Khas Kuningan Naik Daun

Senin, 20 April 2015 - 09:23 WIB
Bacin Khas Kuningan Naik Daun
Bacin Khas Kuningan Naik Daun
A A A
KUNINGAN - Fenomena batu akik saat ini ternyata meningkatkan pamor batu akik asal Kuningan, Jawa Barat, yang dikenal dengan nama batu akik Bacin alias Batu Ciniru.

Batu akik ini banyak ditemukan di kawasan pegunungan wilayah timur Kuningan yaitu di Kecamatan Ciniru. Yang menonjol dari batu akik jenis ini adalah dari segi corak dan warna dasar yang didominasi warna kuning.

”Batu akik ini menjadi kebanggaan warga Kuningan karena salah satu keistimewaannya adalah dominasi warna kuning yang sesuai dengan nama daerah Kuningan,” ungkap Wakil Bupati Kuningan Acep Purnama, saat membuka pameran dan bursa batu akik Kuningan, di salah satu pasar swalayan di Kuningan, kemarin.

Acep mengapresiasi terselenggaranya acara pameran batu akik tersebut sebagai ajang promosi batu akik asal Kuningan sehingga semakin dikenal masyarakat luas. Menurutnya, kini batu Bacin asal Kuningan mempunyai kelas tersendiri dan menjadi salah satu batu akik yang banyak diburu kolektor. ”Apalagi dengan terpilihnya batu akik Bacin alias Batu Ciniru ini sebagai juara dua kontes batu akik di Bandung itu telah meningkatkan kelasnya di mata pencinta batu akik,” kata Acep.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Batu Akik Kuningan Koswara mengatakan, tujuan acara tersebut memang memperkenalkan batu akik asal Kuningan ke masyarakat luas. Namun, dia sangat mengapresiasi kehadiran peserta dari daerah lain seperti Garut, Lampung, hingga Aceh.

Itu justru untuk semakin menyemarakkan pameran sekaligus dapat membandingkan kualitas dan keindahan batu akik asal Kuningan dengan daerah lain. ”Yang menarik dari batu akik asal Kuningan adalah corak dan dominasi warna kuning yang mencolok. Bacin ini pernah menjadi juara dua kontes batu akik di Bandung dan Cirebon serta juara tiga kontes di Jakarta,” sebut Koswara.

Mengenai harga, itu tidak jauh beda dari batu akik corak lain yang relatif bergantung pada bentuk motif dan gambar yang timbul. Jika motif yang muncul membentuk suatu gambar tertentu atau memiliki komposisi warna yang menari, tentu akan memiliki nilai tawar lebih tinggi.

”Kisaran harga batu akik Bacin ini mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan rupiah. Bergantung corak dan komposisi warna yang terbentuk,” ujar Koswara.

Mohamad taufik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8398 seconds (0.1#10.140)