Pemerintah Targetkan Empat Juta Transmigran

Sabtu, 04 April 2015 - 01:10 WIB
Pemerintah Targetkan Empat Juta Transmigran
Pemerintah Targetkan Empat Juta Transmigran
A A A
JAKARTA - Pemerintah bertekad menggencarkan program transmigrasi. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah menargetkan empat juta transmigran dalam lima tahun ke depan.

"Diharapkan kepada para gubernur dan bupati/wali kota daerah asal transmigran yang mempunyai potensi pemindahan dan penempatan transmigran untuk melakukan langkah-langkah proaktif guna menggugah kesadaran dan mendorong masyarakat bertransmigrasi," ujar Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar melalui keterangan tertulis kepada Sindonews di Jakarta, Jumat 3 April 2015.

Dia mengatakan, upaya promosi dari pemerintah daerah,menjadi langkah strategis. Pasalnya sejak awal masa reformasi hingga saat ini program penempatan transmigrasi semakin meredup.

"Walaupun diyakini minat masyarakat bertransmigrasi masih sangat besar seiring semakin sulitnya mendapatkan akses terhadap lahan pertanian," tandasnya.

Selain itu, kata Marwan, pimpinan daerah kabupaten tujuan transmigrasi diharapkan dapat mendukung dalam penyiapan lahannya.

Untuk melakukan percepatan pembangunan daerah tertinggal khususnya desa yang berada di perbatasan, kata dia, program transmigrasi bisa menjadi solusi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6798 seconds (0.1#10.140)