Paus Fransiskus Basuh Kaki Tahanan

Jum'at, 03 April 2015 - 08:55 WIB
Paus Fransiskus Basuh Kaki Tahanan
Paus Fransiskus Basuh Kaki Tahanan
A A A
VATIKAN - Pemimpin umat Katolik di seluruh dunia, Paus Fransikus, merayakan Kamis Putih dengan membasuh kaki 12 tahanan di Penjara Rebibbia, Roma, Italia. Dia juga akan merayakan Misa Perjamuan Tuhan dengan para narapidana yang terasing dari kehidupan sosial.

”Ritual itu menunjukkan bagaimana Tuhan ingin terlibat dalam kehidupan muridnya,” kata Paus Fransiskus, seperti dilansir AFP. Dua belas tahanan yang dicuci kakinya itu warga negara Italia, Nigeria, Brasil, dan warga negara lain. Sebelum bertemu para tahanan itu, Paus Fransiskus menyampaikan misa di depan para pastor di kalangan Gereja Vatikan.

Dia menyampaikan curahan hati tentang kesibukan para pastor danuskuppada PekanSucikaliini yang membuat para pelayan Tuhan itu mengalami kelelahan. ”Saya meminta para pastor tetap menjaga emosi baik dalam kebahagiaan maupun kesedihan, yang dialami jemaat,” kata Paus, dikutip Irish Times. Paus mengungkapkan, dia kerap berpikir tentang kelelahan yang dialami para pastor dalam melayani jemaat.

”Saya selalu berdoa tentang itu, bahkan sering. Khususnya, ketika saya juga merasa lelah,” ungkapnya. Tugas seorang pastor, menurut Paus, bukanlah menjadi pekerja mekanik seperti mengelola kantor, membangun gedung, atau bermain sepak bola. Tugasnya adalah menyampaikan bahwa apa yang dikatakan Tuhan itu harus menunjukkan semangat dan hati harus selalu bergerak.

”Kami harus gembira ketika ada pasangan menikah, kami tertawa ketika membaptis anak-anak, kami juga merasakan penderitaan jika menjenguk orang sakit, serta berdoa ketika kami menguburkan jemaat,” kata Paus.

Andika hendra m
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6881 seconds (0.1#10.140)