Ritual Suci, 10 Orang Tewas Terinjak

Sabtu, 28 Maret 2015 - 10:38 WIB
Ritual Suci, 10 Orang Tewas Terinjak
Ritual Suci, 10 Orang Tewas Terinjak
A A A
DHAKA - Sedikitnya 10 orang tewas terinjak dan puluhan lainnya luka-luka saat mengikuti ritual mandi di tempat suci Narayanganj, Bangladesh, kemarin.

Peristiwa nahas ini terjadi saat digelar Festival Astami Snan, salah satu ritual terbesar umat Hindu di Bangladesh. Setiap tahun jutaan peziarah dari berbagai wilayah di Bangladesh dan sekitarnya mengikuti ritual mandi di Sungai Brahmaputra, Langalband, sekitar 20 kilometer wilayah selatan ibu kota, Dhaka.

Polisi setempat mengatakan, acara digelar di 16 dermaga, namun tempat yang disediakan tidak mampu menampung para peziarah yang diperkirakan mencapai sejuta orang. Inspektur Polisi Nasir Ahmed mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki penyebab kejadian tersebut. ”Insiden ini melibatkan cukup banyak orang. Satu jam setelah insiden kecelakaan, ribuan pasang sepatu tertinggal di jalanan,” ungkap Ahmed dikutip BBC.

Mohammad Jakaria, pejabat kepolisian, mengatakan semua korban tewas berusia di atas 50 tahun yang terdiri dari tujuh wanita dan tiga laki-laki. ”Tiba-tiba saya mendengar suara tangisan dan melihat orangorang mulai terinjak-injak,” tutur Laxmi Rana Saha, saksi mata.

”Keponakanku hilang saat kekisruhan itu terjadi. Saya berhasil selamat karena berlari ke dataran yang lebih tinggi,” sambung Laxmi dikutip AFP. Banyaknya pengunjung yang mengikuti ritual Astami Snan karena bertepatan libur perayaan Hari Kemerdekaan Bangladesh.

Arvin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7215 seconds (0.1#10.140)