Diduga Korsleting Listrik, Puluhan Rumah Terbakar

Kamis, 26 Februari 2015 - 10:54 WIB
Diduga Korsleting Listrik, Puluhan Rumah Terbakar
Diduga Korsleting Listrik, Puluhan Rumah Terbakar
A A A
JAKARTA - Sedikitnya 40 unit rumah di Bojong Kavling, RT 16/4, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat ludes dilalap api kemarin sekitar pukul 08.00 WIB.

Belum dapat dipastikan apakah ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kuat dugaan, api berasal dari korsleting listrik dari salah satu rumah warga bernama Dulkamit, 65. Struktur bangunan yang terbuat dari kayu membuat api semakin membesar. ”Belum ditaksir berapa kerugiannya. Kami masih meminta keterangan dari para saksi,” kata Kapolsek Cengkareng Kompol Sutarjono kemarin.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta menurunkan 17 unit mobil pemadam. Sekitar pukul 10.00 WIB api berhasil dipadamkan. ”Lamanya pemadaman karena lokasinya yang sulit juga padat hunian dan bangunannya semipermanen,” ungkap Kamil, petugas Dinas Damkar dan PB. Lurah Rawabuaya Ridwan mengatakan, data sementara, total rumah yang terbakar sebanyak 75 unit yang dihuni 350 jiwa. Korban kebakaran ditampung di Masjid Al-Hasmi, di RT 04/04, Kelurahan Rawabuaya.

”Untuk membantu korban kebakaran saat ini dari Sudin Sosial, PMI, Tagana, dan puskesmas juga sudah ada di lokasi,” katanya. Di bagian lain, pada waktu yang bersamaan, gudang sapu injuk di Kampung Pasir Angin RT 3/4, Desa Pasir Mukti, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor juga hangus dilalap si jago merah.

Akibat kejadian ini, pemilik gudang mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Informasi dihimpun menyebutkan, kebakaran terjadi saat sejumlah karyawan gudang mulai beraktivitas. Guna memadamkan api, lima mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Bogor dikerahkan ke lokasi. ”Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian, tepatnya sekitar pukul 10.00 WIB,” kata Kapolsek Citeureup Kompol Muhammad Chaniago.

Chaniago menjelaskan, api pertama kali diketahui keponakan pemilik gudang bernama Asep yang tinggal di samping gudang sekitar pukul 08.00 WIB. ”Kita masih menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara, akibat korsleting arus pendek listrik,” sebutnya.

Yan yusuf/haryudi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9083 seconds (0.1#10.140)